Strategi penyuluhan Agama Islam dalam pembinaan keagamaan melalui Majelis Taklim Konversi Diniyah: Pendekatan fenomenologi penyuluh Agama Islam di kota Bandung

Sutarto, Sugeng (2020) Strategi penyuluhan Agama Islam dalam pembinaan keagamaan melalui Majelis Taklim Konversi Diniyah: Pendekatan fenomenologi penyuluh Agama Islam di kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Kota Bandung dibawah komando dan program kerja Kementrian Agama Kota Bandung Jawa Barat membuat satu terobosan baru dalam pembinaan keagamaan melalui Majelis Taklim yang ada diwilayah Kota Bandung, yaitu Majelis Taklim Konversi Diniyah. Majelis Taklim Konversi Diniyah merupakan salah satu bentuk pendidikan non formal, sehingga aspek strategi didalamnya kurang cukup diperhatikan akibat dari kurangnya menajerial, keberlangsungan kegiatan MTKD dan tujuan dalam penyuluhan Majelis Taklim tidak mencapat target dan optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah – langkah edukatif, menyampaikan fungsi konsultatif serta faktor penghambat dalam membina keagamaan Melalui Majelis Taklim Konversi Diniyah Kecamatan Regol Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara mendalam dan mendeskripsikan Strategi Penyuluhan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan Melalui Majelis Taklim Konversi Diniyah di Kecamatan Regol Kota Bandung sesuai dengan tugas dan fungsi pokok, yaitu langkah – langkah edukatif, fungsi Konsiltatif dan faktor penghambat dalam pembinaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Fenomenologi dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini disimpulkan, bahwa langkah edukatif dalam membina MTKD Al- Ikhlas Kecamatan Regol Kota Banudng adalah dengan mengumpulkan atau perumusan bahan materi, mengelola bahan Materi, menyusun materi bimbingan, menyampaikan materi di kelas dengan metode ceramah dan diskusi, Rihlah atau Tadabur Alam dan silaturahmi antara Mudaris kepada santri MTKD ataupun sebaliknya. Fungsi Konsultatif dalam membina MTKD Al- Ikhlas Kecamatan Regol dengan memberikan pemahaman melalui Taklim atau Pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas dengan Silaturahmi. Faktor hambatan melalui MTKD ada dua faktor. Pertama: Faktor Internal yang berasal dari Pengurus, Mudaris dan santri MTKD. Faktor Internal yaitu tidak memiliki Ruang Kelas Sendiri dan kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Sedangkan factor penunjangnya adalah tersedianya sumber daya manusia yang mumpuni, karena rata-rata penyuluh yang ada merupakan jebolan pesantren dan perguruan tinggi, adanya tempat yang disediakan oleh PT. INTI yang dapat digunakan untuk proses penyuluhan dan pembinaan keagamaan kepada masyarakat, adanya bantuan material tahunan yang diberikan atas Kerjasama Kemenag. Kota bandung dan Pemkot. Kota bandung, yang digunakan untuk keperluan operasionalisasi MTKD, juga adanya antusiasme masyarakat yang tinggi kepada MTKD yang menjadi energi kemajuan MTKD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Agama Islam; pembinaan keagamaan; Majelis Taklim;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sugeng Sutarto
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:25
Last Modified: 19 Jan 2021 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36399

Actions (login required)

View Item View Item