Kebijakan peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak kepada ekonomi kemasyrakatan di Desa Puncak Baru Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur : Tinjauan Siyasah Maliah

Habibi, Rudi (2021) Kebijakan peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak kepada ekonomi kemasyrakatan di Desa Puncak Baru Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur : Tinjauan Siyasah Maliah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarfustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Desa merupakan salah satu gerbang awal untuk menumbuhkan ekonomi kemasyrakatan dalam suatu negara. Maju dan tidaknya suatu negara itu di tentukan oleh kondisi ekonomi masyarakatnya. Tentu dalam hal ini Desa sebagai salah satu gerbang awal pertumbuhan ekonomi harus mampu memberikan kebijakan yang meningkatkan ekonomi masyarkat baik itu sacara individual maupun kelompok. Pemerintah Desa harus mampu mengelola dan meningkatkan kebijakan ekonomi kemasyarakat dalam peranya sebagai Pemerintah Desa. Penelitian ini bertujuan mengakaji mengenai bagaimana pemangku kebijakan desa dalam meningkatan ekonomi keemasyrakatan di Desa Puncabaru Kecamatan cidaun Kabupaten Cianjur yang berdampak pada ekonomi kemasyarakat tinjauan Siyasah Maliyah. Serta apa saja yang menjadi fatkor dan pendukungnya. Dalam hal ini teori yang digunakan yaitu kebijakan dalam tinjauan siayasah maliyah upaya bagaimana melihat kebijakan pemerintah desa dalam menetukan kebijakanya terhadap ekonomi kemasyarkatan serta upaya mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menentukan kebijakan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif adapun lokasi penelitian dilakukan di Desa Puncakbaru Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Adapun pendekatan pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mendalam. Setelah itu kemudian melakukan analisis data dengan mengumpulkan, memilih dan mengumpulkan data kemudian menyusun pola penelitian dalam bentuk naratif sehingga menghasilkan penarikan kesimpulan dari data yang telah di peroleh. Verefikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari seluruh aspek yang telah di proleh dari lapangan. Hasil penelitian menunjukan : pertama, kebijakan pemerintah Desa Puncakbaru sudah sejalan dengan apa yang menjadi tujuan yaitu meningkatkan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di samping itu juga telah sesuai dengan Undang Undang Desa no 6 tahun 2014 pasal 18. Kedua ,apabila dilihat dari tinjauan maslahah al-mursalah apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa puncakbaru sejalan dengan maqasidu syar’iah, yaitu menjaga jiwa, akal, keturunan, harta serta menjaga agama dalam mensejahtrakan masyrakat. Ketiga sejalan dengan apa yang menjadi nilai penting dari siysah Maliyah yaitu memberikan kebijakan sesuai dengan rambu-rambu Al-Qur’an dan Sunnah rasul prosesi pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan adil dan tegas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemerintah; Siyasah Maliah; Ekonomi Masyarkat;
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rudi Habibi
Date Deposited: 18 Jan 2021 12:49
Last Modified: 18 Jan 2021 12:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36368

Actions (login required)

View Item View Item