Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap pertumbuhan laba: Studi pada Pt Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pada Periode 2009-2018

Ma'ruf, Rizki Imam (2020) Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap pertumbuhan laba: Studi pada Pt Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pada Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan perusahaan semen di Indonesia pada era globalisasi saat ini semakin pesat apalagi perusahaan semen dari china masuk ke Indonesia, sehingga membuat persaingan di Indonesia semakin ketat. Maka dengan kondisi seperti ini manajemen harus mampu meningkatkan kinerja perusahanaan dan harus bisa menggunakan sumber daya yang efektif dan efesien agar dapat mencapai tujuan perusahaan dan dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh positif Total Asset Turn Over (TATO) terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pada tahun 2009-2018. 2) pengaruh positif Net Profit Margim (NPM) terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pada tahun 2009-2018. 3) pengaruh positif Total Asset Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk pada tahun 2009-2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang dipakai adalah deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsu klasik, analisis regresi linier berganda, uji pengaruh parsial (t-test), uji pengaruh simultan (F-test), uji signifikansi, dan uji koefisiens determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Total Assets Turn Over (TATO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini dibuktikan dengan uji t yaitu Total Assets Turn Over (TATO) memperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3.205 > 2.5365 dengan nilai signifikansi Total Assets Turn Over (TATO) lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0.015. Kemudian nilai Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini dibuktikan dengan uji t yaitu Net Profit Margin (NPM) memperoleh thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 1.313 < 2.5365 dengan nilai signifikansi Net Profit Margin (NPM) lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0.231. Secara simultan Total Assets Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba hal tersebut dibuktikan berdasarkan dengan melalui uji F yaitu 17.587 > 4.74 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0.002. Hasil Koefisien determinasi (R2) menunjukan nilai sebesar 0.834 artinya Total Assets Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh sebesar 83,4% terhadap pertumbuhan laba, sedangkan sisanya 16.6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turn Over; Net Profit Margin; Pertumbuhan Laba;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizki Imam Ma'ruf
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:47
Last Modified: 15 Jan 2021 08:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36325

Actions (login required)

View Item View Item