Pengaruh layanan konseling individu terhadap kepercayaan diri bersosialisasi siswa slow learners di sekolah inklusi MIN 2 Bogor

Farida, Puspita Anisatul (2020) Pengaruh layanan konseling individu terhadap kepercayaan diri bersosialisasi siswa slow learners di sekolah inklusi MIN 2 Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diawali dengan melihat sekolah inklusi yang mana sekolah itu adalah sekolah umum yang menerima anak berkebutuhan khusus didalamnya, sehingga kurang percaya diri menjadi permasalahan bagi siswa berkebutuhan khusus, terutama anak slow learners. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individu terhadap permasalahan siswa slow leraners pada kepercayaan diri mereka di sekolah inklusi dalam sadar kemampuan diri, keberanian, dan rasa peduli dengan teman di sekolahnya. Penelitian ini berdasarkan teori menurut Dinie. Slow learners tidak hanya berakibat pada rendahnya hasil belajar anak namun ada dampak psikologis lainnya. Sehingga tumbuh perasaan minder terhadap teman-temannya, anak bersikap pemalu, menarik diri dari lingkungan sosialnya. Maka perlu adanya layanan konseling untuk membantu dan meningkatkan kepercayaan diri agar mampu membuat slow learners lebih percaya pada dirinya dalam belajar, dalam sosialisasi dan lain sebagainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey, yaitu metode penelitian yang menggunakan kuisioner sebagai instrument utama untuk mengumpulkan data, penelitian ini berlokasi di MIN 2 Parung, Bogor. Dengan jumlah populasi yang diteliti sebanyak 10 orang. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil dari analisis mengenai pengaruh layanan konseling individu terhadap kepercayaan diri bersosialisasi siswa slow learners di sekolah inklusi adalah terdapat signifikansi korelasi sebesar 0,435 dengan besar koefisien determinasi sebesar 0,189 atau 18,9% yaitu adanya pengaruh yang rendah diantara dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Slow Learners; Inklusi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puspita Anisatul Farida
Date Deposited: 18 Jan 2021 13:14
Last Modified: 18 Jan 2021 13:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36322

Actions (login required)

View Item View Item