Implementasi pendidikan akhlak melalui program karakter Bandung Masagi untuk meningkatkan sikap spiritual dan sosial siswa: Penelitian di SD Sains Al-Biruni Panyileukan Kota Bandung

Wildan, Dian (2020) Implementasi pendidikan akhlak melalui program karakter Bandung Masagi untuk meningkatkan sikap spiritual dan sosial siswa: Penelitian di SD Sains Al-Biruni Panyileukan Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

SD Sains Al-Biruni Panyileukan Kota Bandung telah mengimplementasikan pendidikan akhlak melalui program karakter Bandung Masagi. Adapun bentuk kegiatannya adalah pembiasaan ubudiyah harian, pembiasaan adab islami, dan keteladanan. Pengaruhnya terlihat perkembangan akhlak siswa yang menunjukan sikap lebih baik. Namun secara kuantitas dan kualitas belum mencapai pada target yang ditetapkan. Capaian peningkatan sikap spiritual dan sosial siswa belum memenuhi nilai yang diharapkan. Masih ada sejumlah siswa yang belum mencapai indikator kompetensi sikap spiritual dan sosial dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) menjelaskan konsep pendidikan akhlak dalam suatu program sekolah. (2) mendeskripsikan pelaksanaannya. (3) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. (4) mengetahui teknik evaluasinya. (5) mengetahui hasil pendidikan akhlak melalui program karakter Bandung Masagi untuk meningkatkan sikap spiritual dan sosial siswa. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada pandangan bahwa mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling bagus akhlaknya. Untuk menjadi manusia yang bagus akhlaknya direalisasikan dengan pendidikan akhlak. Maka sekolah dituntut untuk mengimplementasikan pendidikan akhlak dengan konsep yang mengandung pendekatan proses, metode internalisasi, dan teknik kegiatan yang efektif. Melalui penerapan konsep pendidikan akhlak yang baik di sekolah maka akan melahirkan siswa yang memiliki akhlak mulia, yaitu siswa yang memiliki sikap spiritual dan sikap sosial yang sangat baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Prosedur dan uji keabsahan data dilakukan dengan validasi internal dan validasi ekternal. Hasil penelitian ini adalah :1) konsep pendidikan akhlak yang dikembangkan adalah pendidikan akhlak kepada Allah SWT, pendidikan akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada lingkungan. 2) pelaksanaan pendidikan akhlak diterapkan dengan metode manifested behaviour, dalam bentuk kegiatan pembiasaan ibadah, pembiasaan adab islami, kegiatan spontas, dan keteladanan. 3) faktor pendukungnya adalah sarana-prasarana yang baik, jam sekolah yang lebih panjang, dan keteladanan akhlak guru yang baik. Faktor penghambatnya adalah belum terintegrasi proses pendidikan akhlak di kelas dengan program in-action dan peran orang tua belum optimal. 4) evaluasi dilaksanakan secara harian, mingguan, bulanan dan akhir semester dengan teknik observasi dan portofolio. 5) hasilnya adalah perilaku akhlak mulia siswa di sekolah meningkat, dengan kualifikasi sikap spiritual predikatnya baik dan cukup baik untuk sikap sosial. Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan agar sekolah lebih menguatkan dalam menerapkan desain kulturisasi dan habitisasi nilai akhlak anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan; Akhlak; Karakter; Masagi; Sikap; Spiritual; Sosial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Wildan
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:28
Last Modified: 20 Jan 2022 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36272

Actions (login required)

View Item View Item