Pengaruh bimbingan agama Islam terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa : Penelitian pada siswa kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya

Nadhifah, Salsabila (2020) Pengaruh bimbingan agama Islam terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa : Penelitian pada siswa kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek yang ada pada dirinya dan diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari serta bagaimana individu mampu menilai diri sendiri dan lingkungannya secara positif. Percaya diri dalam Islam sangat dianjurkan, karena percaya diri mendorong individu untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Namun pada kenyataannya rasa percaya diri tidak sepenuhnya mudah untuk dimiliki oleh setiap individu termasuk siswa, hal tersebut disebabkan karena terdapat faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa baik secara internal maupun eksternal sehingga berdampak negatif pada perkembangan siswa dalam hal akademik serta sosialnya. Fenomena mengenai siswa yang memiliki tingkat kepercayaan dirinya rendah terjadi pada siswa kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa siswa yang masih tidak berani untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru serta masih ada siswa yang merasa gugup ketika melaksanakan presentasi di kelas. Lingkungan dan pengalaman di masa lalu yang sangat berkaitan dengan siswa merupakan aspek yang cukup berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa. Karena siswa sering melakukan berbagai macam aktivitas di sekolah, maka lingkungan sekolah menjadi sarana dalam meningkatkan kepercayaan diri seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa, gambaran pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, serta melihat seberapa besar pengaruh pelaksanaan bimbingan agama Islam terhadap peningkatan kepercayaan diri para siswa kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional jenis survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas menggunakan expert jugdement dan penentuan gugur atau tidaknya item dengan rumus Product Moment dari Pearson’s. Hasil uji analisis data dihitung melalui SPSS dengan Uji Correlation Pearson dan Uji Regresi Sederhana Linear melalui bantuan progam SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa bimbingan agama Islam berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas XI. Hal ini mengacu pada hasil hitung uji koefisiensi determinasi yang menunjukkan nilai r2 sebesar 0,336. Hal ini berarti variabel bimbingan agama Islam memiliki pengaruh sebesar 33,6% terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Sedangkan 66,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas atau tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Bimbingan Agama Islam; Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Kepercayaan Diri.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salsabila Nadhifah
Date Deposited: 11 Jan 2021 00:58
Last Modified: 11 Jan 2021 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36221

Actions (login required)

View Item View Item