Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di MI

Silvia, Dina (2020) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di MI. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemorosotan akhlak pada anak-anak usia dini. Merosotnya nilai pendidikan akhlak ini kembali kepada individu masing-masing. Namun sangat perlu ditanamkan pada diri seseorang tentang akhlak yang baik sejak dini, melalui pembelajaran akidah akhlak di MI anak-anak bisa mengetahui, memahami dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran akidah akhlak terdapat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran akidah akhlak diantaranya dengan media cetak yaitu novel. Novel merupakan sebuah cerita menceritakan kehidupan tokoh utama dan tokoh pendukung dengan berbagai watak yang dimilikinya yang saling berkaitan lalu ditampilkan secara tersusun dengan ukuran yang panjang. Novel memiliki keterhubungan dengan pendidikan, salah satunya novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Novel ini merupakan salah satu novel yang memuat nilai pendidikan akhlak. Pemilihan novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar karena ingin menggali nilai-nilai pendidikan akhlak yang tercermin pada sikap tokoh dalam novel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar serta untuk mengetahui relevansinya nilai pendidikan akhlak dengan pembelajaran akidah akhlak di MI. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar memiliki relevansi dengan pembelajaran akidah akhlak di MI. Sehingga novel ini dijadikan salah satu bentuk novel yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak di MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan mengambil objek Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitataif model Miles dan Hubermen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar yaitu: pertama akhlak terhadap Allah SWT meliputi, beriman, syukur, doa, tawakal, dan taat. Kedua, akhlak terhadap sesama manusia, meliputi: 1) akhlak terhadap diri sendiri yaitu tanggung jawab, kesabaran, keikhlasan. 2) akhlak terhadap keluarga yaitu menghormati, kasih sayang dan silaturahmi. 3) akhlak terhadap masyarakat, seperti teman yaitu tolong menolong. 4) akhlak terhadap tetangga yaitu tolong menolong. Sedangkan terakhir akhlak terhadap alam atau lingkungan yaitu mengagumi ciptaan-Nya dan menjaga lingkungan. Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar dengan pembelajaran akidah akhlak di MI yaitu nilai-nilai yang muncul dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar termasuk dalam materi akidah akhlak di MI, serta novel ini bisa digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan akhlak; novel surat kecil untuk Tuhan; Agnes Davonar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dina Silvia
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:13
Last Modified: 25 Jan 2021 08:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36214

Actions (login required)

View Item View Item