Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Al-Ma’soem Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Friliasani, Suci (2020) Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Al-Ma’soem Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Al-Ma’soem Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang memiliki minat belajar rendah, seperti tidak pernah mencatat materi pelajaran dan tidak pernah mengulang materi pelajaran yang sudah dipelajari di kelas. Hal ini menyebabkan ada beberapa siswa yang memiliki hasil belajar kognitif yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Minat belajar siswa di SMA Al-Ma’soem Jatinangor, (2) Hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Al-Ma’soem Jatinangor. (3) Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Al-Ma’soem Jatinangor. Penelitian ini berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Minat belajar siswa dipandang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif karena semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka. Seperti siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi, maka siswa tersebut akan menghafal materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sedangkan pengumpulan data melalui angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 2,98 karena berada pada interval (2,60 – 3,39). (2) Realitas Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 79,4 (dibulatkan menjadi 79), karena berada pada interval (70 – 79). (3) Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diperoleh: (a) koefisien korelasi termasuk kategori sangat kuat berdasarkan nilai 0,95 karena berada pada interval (0,80 - 1). (b) Uji hipotesis diterima, berdasarkan t hitung 20,77 ≥ t tabel 0,294. Dalam keadaan demikian maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar kognitif mereka. (c) Derajat pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif mereka sebesar 70%. Ini menunjukan bahwa masih terdapat 30% faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suci Friliasani
Date Deposited: 11 Jan 2021 06:47
Last Modified: 11 Jan 2021 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36210

Actions (login required)

View Item View Item