Analisis kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bekasi dengan pendekatan indeks zakat nasional dimensi makro

Kholili, Agus (2020) Analisis kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bekasi dengan pendekatan indeks zakat nasional dimensi makro. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah ibadah maaliyah ijtima’iyyah yang memiliki posisi yang sangat penting, strategis, dan menentukan. baik dilihat dari sisi ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat. Fungsi dan manfaat zakat yang dapat menanggulangi kemiskinan ini dapat terealisasi dengan baik apabila dana zakat, infak dan shadaqah (ZIS) ini dapat dikelola dan dimaksimalkan dalam pengumpulan serta juga pendayagunaannya. Kemiskinan adalah ancaman yang sangat serius terhadap akidah, khususnya bagi kaum miskin yang bermukim di lingkungan kaum berada. Dalam kejadian kemiskinan, Islam nelalui ajaran pokoknya, baik tertulis dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadis menganjurkan umatnya untuk menjadi orang kaya dan menjadikan kemiskinan sebagai musuh bersama yang harus di jauhi. Oleh sebab itu, satu-satunya cara untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan mengkikis habis mata rantai kemiskinan. Salah satu cara yang ditawarkan oleh Islam adalah zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Indeks Zakat Nasional Dimensi Makro pada BAZNAS Kabupaten Bekasi dan untuk mengetahui hasil kinerja BAZNAS Kabupaten Bekasi dengan pendekatan Indeks Zakat Nasional Dimensi Makro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (Mix Methods). Penelitian kualitatif untuk memperoleh data dari hasil wawancara dengan narasumber dan penelitian kuantitatif untuk menunjukkan hasil Indeks Zakat Nasional Dimensi Makro dengan menggunakan Stage Weighted index. Hasil penelitian yang diperoleh, BAZNAS Kabupaten Bekasi memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan zakat, sehingga indikator regulasi memperoleh nilai indeks sebesar 1,00 yang berarti sangat baik. BAZNAS Kabupaten Bekasi juga mendapatkan dukungan APBD sebesar Rp.650.000.000 untuk biaya operasional, tapi masih di bawah 20% jadi indikator ini mendapatkan nilai indeks sebesar 0,00 yang artinya tidak baik, dan pada indikator terakhir yaitu indikator database mendapatkan nilai indeks sebesar 0,58 yang artinya kinerja cukup baik. Kinerja BAZNAS Kabupaten Bekasi dengan pendekatan Indeks Zakat Nasional Dimensi Makro memperoleh nilai sebesar 0,47 yang artinya cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kinerja BAZNAS;Indeks Zakat Nasional;Dimensi Makro;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Agus Kholili
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:15
Last Modified: 06 Jan 2021 02:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36124

Actions (login required)

View Item View Item