Arah dan Konstruksi Kurikulum Prodi Bimbingan Konseling Islam Berbasis Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Effendi, Dudy Imanuddin and Sarbini, Ahmad (2020) Arah dan Konstruksi Kurikulum Prodi Bimbingan Konseling Islam Berbasis Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Documentation. Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
KONSTRUKSI KURIKULUM PRODI BKI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Konstruksi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan seperangkat rencana, pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran dan cara yang akan digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi, termasuk salah satunya di Prodi BKI. Berpijak dari paparan diatas, kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka mengarahkan para pengelola prodi di Perguruan Tinggi untuk berusaha mengkonstruksi kurikulum yang memiliki keluwesan program yang dapat memberi peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar melalui intra dan antarprodi, intra dan antar perguruan tinggi, maupun melalui kegiatan magang di lapangan. konstruksi kurikulum yang hendak dirancang oleh prodi BKI juga harus berkaitan dengan aspek depth and breadth (pendalaman dan perluasan) dengan berpijak pada prinsip fleksibilitas yang diterapkan dalam kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Begitupun konstruksi kurikulum yang hendak dirancang oleh prodi BKI harus berkaitan dengan aspek deep learning experiences (pendalaman pengalaman belajar) yang dapat memperkuat dan meningkatkan penguasaan capaian pembelajaran untuk mewujudkan profil utama lulusan. Dua keterkaitan ini dalam mengkonstruksi kurikulum berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, paling tidak sebagai upaya mengarahkan mahasiswa pada penguasaan empat keterampilan dasar, yakni: 1) kecakapan berpikir kritis (critical thinking skills), (2 kecakapan berkomunikasi (communication skills), (3 kecakapan berkreasi (creativity skills), dan 4) kecakapan berkolaborasi (collaboration skills).

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Konseling ISlam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Specific Field of Public Administration
Social Welfare, Problems and Services
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dudy Imanuddin Effendi
Date Deposited: 04 Jan 2021 12:32
Last Modified: 04 Jan 2021 12:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36092

Actions (login required)

View Item View Item