Hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru : Penelitian pada guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah

Nurhaliza, Amelia (2020) Hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru : Penelitian pada guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu yang penting dan utama dalam mengembangkan potensi seseorang untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Guru merupakan sosok yang paling dominan dalam pendidikan, oleh karena itu guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menjadi guru yang profesional. Semakin baik profesionalisme guru, maka semakin baik pula kualitas pendidikan. Itulah sebabnya guru perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kinerjanya yaitu melalui pelatihan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan realitas pelatihan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah; 2) mendeskripsikan realitas kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah; 3) mendeskripsikan hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebanyak 33 guru dan pengambilan sampel secara sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan studi dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah dalam kategori tinggi dengan nilai 4,19, hal ini dilihat dari hasil per indikator yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil pelatihan. Sedangkan untuk kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah dalam kategori tinggi dengan nilai 4,13, hal ini dilihat dari hasil per indikator kinerja guru yaitu pengetahuan dan keterampilan, sistem penempatan dan pengalaman, hasil pekerjaan, dan pengembangan. Berdasarkan hasil analisis korelasi dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebesar 0,785 yang berarti tingkat hubungannya dalam kategori kuat, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Kontribusi pelatihan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 61,5%, hal ini berarti 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Profesionalisme Guru; Kinerja Guru
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amelia Nurhaliza
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:33
Last Modified: 05 Mar 2021 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36064

Actions (login required)

View Item View Item