Pengaruh penggunaan media MoBIS (Motor Skills Block Interlocking Sysrem) terhadap kemampuan motorik halus anak : Kuasi eksperimen pada anak kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Rahayu, Rima (2021) Pengaruh penggunaan media MoBIS (Motor Skills Block Interlocking Sysrem) terhadap kemampuan motorik halus anak : Kuasi eksperimen pada anak kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan motorik halus anak di RA Al-Mufassir Gandasoja Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung tepatnya pada kelompok B terlihat masih belum optimal, terdapat beberapa anak belum terampil untuk menggunakan tangannya saat melakukan tugas-tugas, seperti sedang menulis, menggambar dan mewarnai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan motorik halus anak kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung yang menggunakan media konvesional lego; 2) Kemampuan motorik halus anak kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung yang menggunakan media MoBIS (Motor skills block interlocking system); dan 3) Perbandingan kemampuan motorik halus anak kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung antara penggunaan media konvesional lego dengan penggunaan media MoBIS (Motor skills block interlocking system). Penelitian ini didasari oleh landasan teori yang menyatakan bahwa kemampuan motorik halus anak dipengaruhi oleh pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada anak usia dini yaitu media MoBIS (Motor skills block interlocking system). MoBIS merupakan media alat edukatif konstruksi sebagai penyeimbang antara perkembangan teknologi dan media (touch screen) dalam proses menstimulus kemampuan motorik halus anak, seperti melatih jari-jemari dan kosentrasi mata serta mendukung anak menjadi lebih produktif, kreatif, imajinatif. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan motorik halus anak antara penggunaan media konvesional lego dengan penggunaan media MoBIS (Motor skills block interlocking system). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini adalah kelompok B RA Al-Mufassir yang berjumlah 14 siswa pada tahun 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji instrumen penelitian, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menyatakan bahwa kemampuan motorik halus anak yang menggunakan media lego memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54 masuk pada kategori kurang dan posttest sebesar 78,85 masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk kemampuan motorik halus anak yang menggunakan media MoBIS (Motor skills block interlocking system) memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,30 masuk pada kategori cukup dan posttest sebesar 86,28 masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga thitung 1,858 < ttabel 1,943. Maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media MoBIS (Motor skills block interlocking system) terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media MoBIS
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rima Rahayu
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:35
Last Modified: 12 Aug 2022 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36053

Actions (login required)

View Item View Item