Hubungan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung

Oktavia, Eva (2020) Hubungan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang sudah mencetak prestasi dengan baik namun masih banyak siswa enggan menjadi pemimpin baik dalam kegiatan berkelompok, dan susah diatur oleh sesama temannya maupun oleh pembina pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung, 2) Sikap kepemimpinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung, 3) Hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung. Pemikiran yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini, yang menyatakan bahwa hak peserta didik adalah mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Hal ini dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh pihak madrasah/sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah angket, dan observasi dengan sampel sebanyak 50 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrumen, analisis parsial, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung diperoleh 3,59. Nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19. 2). Sikap kepemimpinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung diperoleh 3,57. Nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19. 3). Hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung, terdapat hubungan yang kuat antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa berdasarkan perhitungan analisis korelasi yang menunjukan arah hubungan variabel kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan yaitu dengan melihat angka pearson korelasi, pada hasil bernilai positif yaitu 0,622. Adapun hasil analisis kontribusi variabel bebas (independent) kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap variabel terikat (dependent) sikap kepemimpinan siswa Kelas V MIN 2 Kota Bandung adalah sebesar 38,7% sedangkan 61,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler pramuka; sikap kepemimpinan
Subjects: Social Process > Leadership
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Oktavia
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:01
Last Modified: 30 Dec 2020 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36010

Actions (login required)

View Item View Item