Implementasi wakaf produktif pada Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman di Pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay Kabupaten Bandung dalam prespektif Hukum Ekonomi Syariah

Hasan, Lutfia Afipah (2019) Implementasi wakaf produktif pada Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman di Pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay Kabupaten Bandung dalam prespektif Hukum Ekonomi Syariah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman adalah salah satu program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat miskin sekitar pesantren melalui lembaga keuangan mikro syariah. Dalam hal ini, Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman merupakan sebuah lembaga keuangan mikro syariah di bawah naungan otoritas jasa keuangan (OJK) berpayung hukum koperasi syari’ah yang diatur dalam POJK no. 12/POJK.05/2014, dengan produk pembiayaan kepada masyarakat miskin untuk keperluan produktif. Namun wakaf merupakan salah satu instrument dari akad tabarru yang bertujuan untuk kemanfaatan sosial dan mensejahterakan perekonomian umat. Sebagaimana dijelaskan dalam Undang-undang no. 41 tahun 2004, sedangkan seperti yang telah diketahui bahwa perbankan itu berorientasi mengambil keuntungan (Profit Oriented). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan mekanisme wakaf produktif pada lembaga Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman 2) Mengetahui relevansi Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman dengan regulasi Wakaf. 3) Mengetahui analisis hukum ekonomi syari’ah terhadap wakaf produktif pada Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman Penelitian ini dibangun atas dasar tujuan wakaf untuk mensejahterakan umat melalui program pemberdayaan masyarakat miskin sekitar pesantren yang memiliki usaha produktif. juga atas dasar pembaharuan peraturan perwakafan Indonesia yang memperbolehkan wakaf menggunakan benda bergerak berupa uang dengan cara disalurkan kepada lembaga keuangan mikro syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu memaparkan implementasi wakaf produktif pada Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman. Sumber data primernya adalah beberapa ahli dari Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman, sedangkan sumber data sekundernya adalah bagian tertentu dari berbagai literature, regulasi, buku-buku, artikel, dan tulisan lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan. Dan kemudian data dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Mekanisme wakaf produktif Pada Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman adalah dengan cara penyaluran dana wakaf melalui sebuah program pemberdayaan masyarakat miskin menggunakan sistem KUMPI (kumpulan usaha masyarakat sekitar pesantren indonesia). 2) Relevansi bank wakaf mikro berkah bersama baiturrahman dengan regulasi wakaf ini memunculkan harmonisasi antara tujuan undang-undang no. 41 tahun 2004 tentang wakaf dengan berbagai peraturan kelembagaan, pelaksanaan dan pembinaan bank wakaf mikro. 3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap wakaf produktif ini menurut KHI bahwa fungsi wakaf adalah mengekalkan manfaat benda wakaf, hal ini sesuai dengan tujuan wakaf tunai pada umumnya yaitu menginvestasikan dana wakaf pada lembaga keuangan mikro syariah untuk kemudian hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat. Maka pelaksanaan wakaf produktif ini mubah (boleh) selama berdampak postif dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. ENGKISH : Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman is one of the government programs in empowering the poor community arround collage. In the case, Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman is Islamic Microfinance Institutations under shading of finance authority service and a regulated sharia coprations. its in POJK number 12/POJK.05/2014, with finansing of the product to the poor society for productive purpose. while it has already known that finansing is characteristic of Banking are profit oriented. But however waqf is one instrument Tabarru contract with aims to social benefits and for making welfare the people economy. As already explained in the law/ordinance number 41 tahun 2004. The main purpose of this research are: 1) to explain the mechanism of productive waqf at Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman, 2) for knowing the relevance between Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman and waqf regulations, 3) for knowing the law Sharia Economic analysis of the productive Waqf at Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman This research is built on the basis of waqf purpose for making welfare the society by the empowerment program of poor society arround the collage who has productive businesses and on the basis inovations of Indonesian regulation waqf which allow using moyable object like money. by channeling it to Islamic Microfinance Instituations. The method was descriptive, which is describing the Implementation of Productive Waqf at Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman, the primary data resource is some specialist of Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman, the secondary data resorce is the part of some literature, regulations, books, article and another written related to this problem research. Data Collection technique is by observation, interview, Librray research and data analysis by qualitative appoarch. The result of this reserch: 1) The mechanism of productive waqf at Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman is by distributing of waqf donation throgh a Program of empowering the poor society using KUMPI system (The Collection of Society Effort arround Indonesian Collage). 2) The relevance between Bank Wakaf Mikro Berkah Bersama Baiturrahman and waqf regulations its showing the harmonization between the oridinance number 41 tahun 2004 about waqf with various institutations regulations from the implementation, supervision and Bank Waqf Micro founding. 3) The Observation of Economic Sharia in Law on this productive waqf according to KHI (Islamic Compilation law) is The function of waqf to everlasting waqf benefit, this situation agree with the purpose of cash waqf purpose in generalis. its to invest waqf donations in the Islamic microfinance institution for the result are used by society. so, the Implementation this productive waqf is Mubah (permitted) as long as positive effect and agree with the valid orinnace regulation. ARAB التَّطْبِيْقُ وَقَفُ الْاِنْتَاجِ فِى الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ فِى الْمَعْهَدِ بَيْتُ الَّحْمَانِ جِيْفَارَيْ كَابُوفَاتَيْن بأنْدُونْج كَمَا الْفَرْضِيش حُكْمَ الْاِقْتِصَادِ الشَّرِيْعَةِ الْمَصْرِفُ الْوَقَفُ الْجُزْئِيُّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ مِنْهَاجُ الْحُكُوْمَةِ عَلَى الْمُفِيْدِ الْعَامَّةِ الْمِسْكِيْنِ حَوْلَ الْمَهْدِ. فِى هَذَا حَالٍ, الْمَصْرِفُ الْوَقَفُ الْجُزْئِيُّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ هُوَ مُؤَسَّسَةُ الْمَالِيَةِ الْجُزْئِيِّ الشَّرِيْعَةِ تَحْتَ ظِلِّ امْرَأَةِ الْمَلِيَةِ الْحَسَنَةِ, بِاتِّبَاعِ الشَّرْكَةِ الشَّرِيْعَةِ مُنَظَّمٌ عَلَى نِظامِ امْرَأَةِ الْمَلِيَةِ الْحَسَنَةِ نِمْرِةُ 12............... بِا ثَمَرٍ تَمْوِيْلٍ اِلَى الْعَامَّةِ الْمِسْكِيْنِ لِلْحَاجَةِ الْاِنْتَاجِ, ثُمَّ كَمَا عَرَفْنَأ أَنَّ تَمْوِيْلاً اِحْدَى شَمِيْلَةُ الْمَصْرِفِ الّذِي يُبْحَثُ عَنْ مَالٍ. بَيْنَمَا يَقُولُ فِى مُدَوَّنَةٍ نِمْرِةُ 41 سَنَةَ 2004 أَنَّ الْوَقَفَ اِحْدَى مِنْ أَدَةِ الْعَقْدِ تَبَرُّ الّذِى يُصَمِّمُ لِمَنْفَعَةِ الْاِجْتَمَاعِي وَ يُسَاعِدُ عَلَى ثَرَاءِ الْاِقْتِصَادِ. هَذَا الْبَحْثُ يُصَمِّمُ عَلَى: 1) بَيَانِ قِيَادَةُ وَقَفُ الْاِنْتَاجِ فِى الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ, 2) لِمَعْرِفَةِ وِفَاقَ الْمَصْرِفُ الْوَقَفُ الْجُزْئِيُّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ بِنِظَامِ الْوَقَفُ, 3) لِمَعْرِفَةِ تَحْلِيْلَ حُكْمُ الْاِقْتِصَادِ الشَّرِيْعَةِ عَلَى الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ. هَذَا الْبَحْثُ مُكَوَّنٌ عَلَى الْأَسَاسِ قَصْدُ الْوَقَفِ لِثِرَاءِ الْعَامَّةِ بِا مِنْهَاجٍ الْمُفِيْدِ الْعَامَّةِ الْمِسْكِيْنِ حَوْلَ الْمَهْدِ الّذِى يَسْتَحِقُ سَعْيًا جُزْئِيًّا, وَ عَلَى الْأَسَاسِ تَبْدِيْلِ نِظَامُ الْوَقَفِ اِنْدُوْنِيْسِيْيَا الّذِي جَوَّزَ الْوَقَفُ بِا شَيْئٍ مُتَحَرِّكٍ كَالْفُلُوْسِ بِاالطَّرِيْقِ مُوَجّهٌ اِلَى مُؤَسَّسَةٍ مَالِيَةٍ جُزْئِيٍّ شَرِيْعَةٍ. قَوَاعِدُ الّذِي يَسْتَعْمِلُ فِى هَذَا الْبَحْثِ وَصْفِيًّا, يَعْنِى يُبَيِّنُ التَّطْبِيْقُ وَقَفُ الْاِنْتَاجِ فِى الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ.وَ أَصْلُ الْحَقَائِقِ الْخَاصَّةِ هُو مِنْ بَعْضِ أَهْلِ الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ, بِمَا أَنَّ أَصْلُ الْحَقَائِقِ فَرْعِيِّ مِنْ بَعْضِ مَطْبُوْعَتٍ, وَ نِظَامٍ, وَ كِتَابٍ, وَ مَقَالَةٍ, وَ جَمِيْعُ الْكِتَابَةِ الّذِي مُتَّصِلٌ بِالْمَسْأَلَةِ الْبَحْثِ. تِقْنِيَّةُ عَلَى مَجْمُوْعِ الْحَقَائِقِ بِا رُئْيَةِ, وَ الْمُحَادَثَةِ, وَ قَائِمَةِ الْمَرْجِعِ. ثُمَّ تَحْلِيْلُ ألأْبَيَانَتِ بِا مُقَارَبَةٍ نَوْعِيٍّ. اِنْتَاجُ الْبَحْثِ يُبَيِّنُ أَنَّ :1) قِيَادَةُ وَقَفُ الْاِنْتَاجِ فِى الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ ب بِمُوَجّهٍ مَالَ الْوَقَفِ بِا الطَّرِيْقِ مِنْهَاجٍ مِنْهَاجٍ الْمُفِيْدِ الْعَامَّةِ الْمِسْكِيْنِ حَوْلَ الْمَهْدِبِا اسْتِعْمَالِ جِهَازٌ ......... (جَمَاعَةُ الْجُهْدِ الْعَامَّةِ الْمِسْكِيْنِ حَوْلَ الْمَهْدِ اِنْدُوْنِيْسِيْيَا), 2) وِفَاقَ الْمَصْرِفُ الْوَقَفُ الْجُزْئِيُّ بَرَكَةٌ مَعَ بَيْتُ الرَّحْمَانِ بِنِظَامِ الْوَقَفُ يُبَرِّزُ طَابِقًا بَيْنَ قَصْدِ مُدَوَّنَةٍ مُدَوَّنَةٍ نِمْرِةُ 41 سَنَةَ 2004 عَنِ الْوَقَفِ بِا شَتَّى النِّظَأمِ الْمُؤَسَّسَةِ أَمَّا الْقِيَادَةُ, أوْتَدْمِيْرُ الْمَصْرِفِ الْوَقَفِ الْجُزْئِيِّ. 3) نَقْدُ حُكْمُ الْاِقْتِصَادِ الشَّرِيْعَةِ عَلَى هَذَا وَقَفِ الْاِنْتَاجِ كَمَا بَيَانُ ............ أَنَّ وَظِيْفَةَ الْوَقَفُ يُؤَبِّدُ فَائِدَةً مَالاً وَقَفًا, هَذَا حَالٍ مُطَابِقٌ بِقَصْدِ الْوَقَفِ نَقْدًا ادَةً وَ هُوَ مُبَاحٌ كُلَّمَا يُؤَثَّرُ يَقْتَصِدُ

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Wakaf; Bank Wakaf Mikro; Hukum Ekonomi Syariah;
Subjects: Ethics of Social Relations
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance
Cooperative
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Lutfia Afipah Hasan
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:59
Last Modified: 30 Dec 2020 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36001

Actions (login required)

View Item View Item