Pengaruh lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi: Studi kasus mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sandean, Andi (2020) Pengaruh lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi: Studi kasus mahasiswa Sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Minat individu dalam memilih sebuah program studi di Perguruan Tinggi tentunya dipengaruhi oleh berbagai hal selain dari dorongan diri sendiri, misalnya dari lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pergaulan, lingkungan keluarga terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi pada mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis ada teori Behaviourisme dari B. F. Skinner, mengenai pemberian stimulus dari luar mempengaruhi perilaku individu. Pemberian stimulus dalam penelitian ini dilakukan oleh lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga, guna mengetahui pengaruhnya terhadap minat memilih program studi Sosiologi di Perguruan Tinggi. Terdapat juga penguatan positif dan negatif dalam pemberian stimulus. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan pergaulan terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. Sumbangan Relatif (SR) variabel lingkungan pergaulan sebesar 44,9% dan variabel lingkungan keluarga sebesar 55,1% terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. Sementara itu, Sumbangan Efektif (SE) variabel lingkungan pergaulan sebesar 25,3% dan variabel lingkungan keluarga 31,1% terhadap minat pemilihan program studi di Perguruan Tinggi. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 56,4% sedangkan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pergaulan; Lingkungan Keluarga; Minat Pemilihan Program Studi di Perguruan Tinggi.
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Secondary Education > Secondary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Andi Sandean
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:42
Last Modified: 29 Dec 2020 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35969

Actions (login required)

View Item View Item