Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut

Abdulah, Iswadi (2020) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Sarana prasarana merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, namun di MAN 1 dan 2 Garut masih ditemukan beberapa permasalahan menyangkut manajerial sarana prasarana pendidikan, diantaranya: belum tersedianya ruang laboratotium bahasa, ruangan laboratorium IPA masih menggunakan ruang belajar, proses pengadaan sarana prasarana terlalu bergantung kepada anggaran pemerintah, masih ada beberapa gedung bangunan yang memerlukan perbaiakan/rehab dikarenakan ada dalam keadaan rusak, dan kurangnya pengawasan sarana prasarana oleh kepala madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen, faktor pendukung dan penghambat, solusi dan dampak dari Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 dan MAN 2 Garut. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini bahwa menurut menurut Bafadal, manajemen perlengkapan sekolah itu adalah sebagai proses kerja sama pendayagunaan semua perlengkapan pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analitik. Lokasi penelitian ini berada di MAN 1 dan MAN 2 Garut. Adapun Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Program Manajemen Sarana Prasarana dikedua sekolah ini melalui langkah perencanaan, pengorganisasian,dan pelaksanaan yang terdiri dari pengadaan,pemeliharaan, penghapusan dan pengontrolan 2) Faktor pendukungnya adalah pencatatan inventarisasi secara teratur, memiliki gudang khusus untuk penyimpanan barang, memiliki sumber dana dari BOS dan Komite, ada hibah dari pihak tertentu. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu membutuhkan dana untuk dilakukan perluasan maupun perbaikan, kurangnya tenaga administrasi , kususnya untuk pengelolaan sarana dan prasarana, serta Perangkat komputer dan laboraturium yang masih terbatas 3) Solusinya adalah: Membuat himbauan agar disiplin dan sadar untuk mengembalikan barang kepada tempatnya bila selesai dipakai, jeli dalam penentuan skala prioritas kebutuhan sesuai dengan anggaran yang ada, masalah tenaga pendidik maupun kependidikan yang dihadapi madrasah yaitu dengan mengikutsertakan tenaga yang ada dalam kursus atau diklat secara resmi dari dinas maupun luar agar dapat mengoptimalkan kinerjanya, Inpentarisasi barang dan Penyimpanan Barang 4) Dampak manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di kedua madrasah ini yaitu membuat pembelajaran berjalan dengan baik karena tertsedianya sarana prasarana yang memadai, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan serta dapat membekali peserta didik untuk mampu berprestasi dalam akademik maupun non akademik untuk bekal kehidupan maupun untuk bekal dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana; Mutu Pendidikan
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: iswadi abdulah
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:59
Last Modified: 27 Jan 2022 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item