Studi komparatif konsep pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa MI menurut Hamka dan Muhammad Natsir

Afni, Novia Nur (2020) Studi komparatif konsep pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa MI menurut Hamka dan Muhammad Natsir. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terhadap dunia pendidikan Islam yang masih didominasi teori yang Barat. Sedangkan dalam hal ini Pendidikan Islam adalah hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup umat Islam secara khusus, karena lewat pendidikan Islam inilah kita dapat mengkaji, mengelola, dan mengembangkan studi keislaman sesuai dengan keadaan zaman. Pembentukan karakter pribadi pada manusia atau peserta didik yang seimbang, sehat, dan kuat sangat dipengaruhi oleh pendidikan agama Islam dan internalisasi nilai keagamaan dalam diri peserta didik. Namun, terlihat bahwasanya nilai moral yang berkembang dalam generasi muda khusunya pada siswa di bangku sekolah yang mengalami kemerosotan moral sehingga diperlukannya sebuah pembentukan karakter terhadap peserta didik. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemikiran Hamka Mohammad Natsir tentang konsep pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang studi komparatif pemikiran konsep Pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa menurut Hamka dan M. Natsir. Dengan sub fokus mencakup: (1) Pemikiran Hamka dalam konsep pendidiakn Islam dan membentuk karakter siswa, (2) Pemikiran M. Natsir dalam konsep Pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa, (3) Komprasi perbedaan dan persamaan pemikiran Hamka dan M. Natsir dalam konsep Pendidikan Islam dalam membentu karakter siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sumber data sekunder sebagai pendukung penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan teknik analisis data peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis komparatif. Konsep pendidikan Islam meliputi tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam. dan adapun menurut Hamka meliputi tujuan pendidikan Islam berorientasi kepada ukhrawi dan duniawi. Metode yang dipakai yaitu metode diskusi, eksperimen, darma wisata, dan resitasi (assigntment), dan kurikulum yang dipakai oleh Hamka yaitu ilmu agama dan ilmu rasional, dan pembentukan karakter menurut Hamka yaitu nilai moral dan agama seperti tauhid dan budi. Sedangkan M. Natsir tujuan pendidikan Islam mengarahkan kepada peserta didik untuk menghambakan dirinya kepada Allah SWT baik itu jasmani maupun rohani, dan metode yang dipakai oleh Mohammad Natsir yaitu metode hikmah, mauidzah, dan mujadalah, serta kurikulum yang digunakan beliau yaitu kurikulum pendidikan yang didasari oleh pendidikan tauhid, dan pembentukan karakter menurut M. Natsir yaitu komponen nilai karakter kepada cinta tanah air dan bangsa serta berhubungan kepada pendidikan integral, universal, dan harmonis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; karakter siswa; hamka; muhammad natsir
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novia Nur Afni
Date Deposited: 27 Dec 2020 22:58
Last Modified: 27 Dec 2020 22:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35916

Actions (login required)

View Item View Item