Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini melalui metode bercakap-cakap : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung)

Ilahiah, Nur (2020) Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini melalui metode bercakap-cakap : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan melalui kegiatan observasi diperoleh informasi dari guru RA Bustanul Aulad bahwa di kelompok A RA Bustanul Aulad terdapat 4 dari 7 anak yang mengalami hambatan perkembangan bahasa terutama pada aspek kemampuan berbicara. Hal ini terlihat dari respon anak terhadap pertanyaan sederhana yang disampaikan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung, tidak semua anak mampu menjawab pertanyaan bahkan ada anak yang cenderung diam dan tidak merespon pertanyaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan berbicara anak usia dini sebelum diterapkan metode bercakap-cakap di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung; 2) Penerapan metode bercakap-cakap di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung pada setiap siklus; dan 3) Kemampuan berbicara anak usia dini setelah diterapkan metode bercakap-cakap di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa metode bercakap-cakap tepat digunakan pada anak usia dini terutama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, karena metode bercakap-cakap memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi secara lisan serta meperbaiki pelafalan. Oleh karena itu metode bercakap-cakap diduga dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan gabungan, yakni pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja. Kemudian dilakukan analisis data berupa observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas anak serta analisis unjuk kerja kemampuan berbicara anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data, bahwa kemampuan berbicara anak sebelum diterapkan metode bercakap-cakap memperoleh nilai rata-rata 40.91 dengan kategori gagal. Aktivitas guru pada siklus I tindakan pertama sebesar 62.5 % meningkat menjadi 68.75% pada tindakan kedua. Sedangkan pada siklus II tindakan pertama sebesar 87.5 % meningkat menjadi 100% pada tindakan kedua. Kemudian tingkat keterlaksanaan aktivitas anak pada siklus I tindakan pertama dan tindakan kedua dari 52.04 % meningkat menjadi 63.27 %, sedangkan pada siklus II tindakan pertama dan kedua dari 62.24% meningkat menjadi 83.87%. Selanjutnya, kemampuan berbicara anak setelah diterapkan metode bercakap-cakap pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 51.14 dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 70.62 dengan kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, artinya metode bercakap-cakap terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok A RA Bustanul Aulad Permata Biru Cileunyi Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; bercakap; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Ilahiah
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:53
Last Modified: 23 Dec 2020 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item