Pengembangan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi Momentum dan Impuls

Putri, Hawinda Restu (2020) Pengembangan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi Momentum dan Impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Status konseptual mengklasifikasikan konsepsi sebagai inteligible, plausible dan fruitful pada peserta didik. Status konseptual berguna untuk menilai perubahan konsepsi peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi momentum dan impuls serta untuk mengetahui status konseptual peserta didik pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D (Four-D) models. Hasil pengembangan instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan memiliki kategori kelayakan kuat dengan indeks IOC antara 0.50-0.84 dan reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0.810 serta memiliki keterbacaan dengan kategori sangat baik dari peserta didik. Status konseptual peserta didik pada konsep momentum menunjukkan bahwa 43%-72% dari peserta didik berada pada intelligible, plausible dan fruitful level yang rendah. Pada konsep impuls, 50% dari peserta didik menunjukkan bahwa konsep tersebut intelligible bagi mereka pada level tinggi, tetapi 40%-50% dari peserta didik menunjukkan bahwa konsep tersebut plausible dan fruitful pada level yang rendah. Pada hukum kekekalan momentum, 40%-83% peserta didik menunjukkan bahwa konsep tersebut intelligible, plausible dan fruitful bagi mereka pada level yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes; status konseptual; intelligible; plausible; fruitful
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Hawinda Restu Putri
Date Deposited: 23 Dec 2020 06:17
Last Modified: 23 Dec 2020 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35877

Actions (login required)

View Item View Item