Potret stratifikasi periwayat hadis: Studi kasus relasi Abu Al-Siddiq (w. 108 H) dengan Qatadah (w. 118 H) dalam periwayatan hadis Al-Mahdi

Syamsudin, Kinkin (2020) Potret stratifikasi periwayat hadis: Studi kasus relasi Abu Al-Siddiq (w. 108 H) dengan Qatadah (w. 118 H) dalam periwayatan hadis Al-Mahdi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Hadis-hadis al-Mahdi melalui jalur Abu al-Siddiq tidak diriwayatkan oleh muridnya yang bernama Qatadah b. Di’amah. Sementara itu Qatadah adalah rawi yang paling banyak menerima riwayat dari Abu al-Siddiq. Di sisi lain, Qatadah juga memiliki riwayat tentang al-Mahdi, hanya saja ia menerimanya dari gurunya yang lain bernama Abu Nadrah (w. 109 H). Dan bila dibandingkan, jumlah riwayat yang miliki Abu al-Siddiq adalah 183 sementara Abu Nadrah 1.181 riwayat. Dalam sudut pandang para muhaddis, jumlah riwayat yang dimiliki oleh seorang rawi menjadi indikasi adanya perbedaan hirarki di antara para periwayat hadis. Munculnya sebutan seperti al-Musnid, al-Hakim, al-Hafiz dan Amir al-Mu’minin fi al-Hadis adalah bukti bahwa setiap rawi menempati kedudukan yang berbeda yang salah satunya dilihat dari jumlah riwayat yang mereka miliki. Hal ini menjadi bukti bahwa stratifikasi di kalangan para periwayat hadis memang benar adanya. Berdasarkan persoalan di atas, maka penelitian ini difokuskan untuk menjawab dua persoalan; pertama, untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan stratifikasi di kalangan periwayat hadis. Kedua, untuk menguraikan ada atau tidaknya keterkaitan antara perbedaan stratifikasi dengan ketidakterlibatan Qatadah dalam periwayatan hadis al-Mahdi dari Abu al-Siddiq. Karena frame dari kajian ini adalah tentang rijal hadis, maka penelitian dipusatkan pada pembahasan tentang tarikh ruwah dan jarh ta’dil rawi. Dalam hal ini kajian rijal hadis terpusat pada Qatadah dan dua orang gurunya, yaitu Abu al-Siddiq dan Abu Nadrah. Setelah didapatkan informasi seputar profil dan catatan tentang para rawi di atas, selanjutnya data-data tersebut dikomparasikan dengan teori stratifikasi yang dirumuskan oleh Ibn Khaldun dalam Muqaddimahnya. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif, ide yang didapatkan dalam teori tersebut kemudian digunakan untuk menggali dan mencari fakta-fakta yang terrefleksikan selama proses periwayatan hadis al-Mahdi. Setelah dilakukan penelitian maka didapat kesimpulan; pertama, perbedaan hirarki di kalangan para periwayat hadis jauh-jauh hari sudah dirumuskan oleh para muhaddis, buktinya adalah penggunaan istilah khusus untuk setiap rawi berdasarkan jumlah riwayat yang mereka hafal. Hal ini selanjutnya dikuatkan dengan temuan bahwa para rawi yang terlibat dalam periwayatan hadis masing-masing memiliki jumlah riwayat yang tidak sama dengan rawi lainnya. Kedua, hadis al-Mahdi yang diriwayatkan melalui Abu al-Siddiq tidak lantas menjadi turun derajatnya karena hirarki Abu al-Siddiq tidak lebih unggul dibanding Abu Nadrah. Demikian pula hadis al-Mahdi yang diriwayatkan melalui Abu Nadrah dan Qatadah tidak naik derajatnya meskipun keduanya secara jumlah memiliki riwayat hadis lebih unggul dibanding Abu al-Siddiq.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesashihan hadis; periwayatan; rawi; stratifikasi
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Kinkin Syamsudin
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:02
Last Modified: 21 Dec 2020 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item