Amsal al-Qur’an dalam Surat Ar-Ra’du dan Surat Ibrahim: Studi analisa penafsiran Amsal dalam Tafsir al-Munir karya Wahbah al-Zuhaili

Hilmi, Moch. Ihsan (2020) Amsal al-Qur’an dalam Surat Ar-Ra’du dan Surat Ibrahim: Studi analisa penafsiran Amsal dalam Tafsir al-Munir karya Wahbah al-Zuhaili. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian makna ayat quran tidak bisa difahami hanya dengan membaca terjemahnya saja, seperti ayat-ayat yang di dalamnya mengandung perumpamaan atau amsal yang menjadikan makna ayat tersebut bersifat abstrak. Karenanya masalah penelitian yang diangkat penulis yaitu, Bagaimana penafsiran Wahbah al-Zuhaili tentang ayat-ayat yang mengandung Amsal al-Qur’an dalam surat ar-Ra’du dan surat Ibrahim?. Amsal al-Qur’an mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam mengungkapkan makna ayat yang masih samar, yang bahkan Imam Syafi’i yang merupakan ahli di bidang fiqh dan ushu al-fiqh saja mengatakan bahwa setiap mujtahid wajib mengetahui amsal al-Qur’an. Tetapi pada kenyataanya dalam menerapkan teori amsal sebagai salah satu kajian ‘ulum al-Qur’an banyak ulama tafsir yang kurang dalam menggunakan teori amsal al-Qur’an. Akan tetapi tafsir yang menggunakan metode tahlili biasanya banyak mengkaji amsal al-Qur’an, salah satunya Tafsir al-Munir karya Wahbah al-Zuhaili yang merupakan tafsir kontemporer dan tidak mengabaikan amsal al-Qur’an. Untuk menjawab permasalahan dan tercapainya tujuan penelitian, Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisa data, dan menginterprestasikannya. Dan didukung dengan data-data yang primer dan sekunder. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu, pertama menguraikan secara jelas teori amsal al-Qur’an, kedua menentukan ayat-ayat yang mengandung amsal al-Qur’an dalam Q.S ar-Ra’du dan Q.S Ibrahim dengan analisa amsal al-Qur’an, dan yang ketiga menganalisa penafsiran Wahbah al-Zuhaili tentang amsal al-Qur’an dalam Q.S ar-Ra’du dan Q.S Ibrahim serta menyimpulkan sesuai rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa amsal al-Qur’an banyak memberikan manfaat, yaitu menampakkan sesuatu yang abstrak ke dalam sesuatu yang konkret. Ada tiga amsal dalam Q.S ar-Ra’du yaitu amsal musharrahah, amsal kaminah, dan amsal mursalah, sedangkan dalam Q.S Ibrahim hanya ada dua amsal, yaitu amsal musharrahah dan amsal mursalah. Dan tidak semua ayat yang ada di dalam Q.S ar-Ra’du dan Q.S Ibrahim bisa menjadi amsal, tetapi hanya ayat-ayat yang sesuai dengan analisa amsal al-Qur’an ditambah penafsiran Wahbah al-Zuhaili tentang amsal al-Qur’an yang menjadikan pemahaman yang komprehensif terhadap ayat. Dan memang faktanya amsal al-Qur’an sudah terbukti bisa mencerdaskan umat, karena ayat-ayat abstrak yang semulanya sulit untuk difahami, bisa difahami dengan mudah setelah adanya amsal al-Qur’an. Sehingga tidak akan ada lagi yang terjerumus terhadap pemahaman ayat yang salah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Amsal al-Qur’an; Tafsir al-Munir; Wahbah al-Zuhaili
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Moch Ihsan Hilmi
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:50
Last Modified: 21 Dec 2020 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35817

Actions (login required)

View Item View Item