Analisis pendidikan karakter pada buku teks IPA-Biologi tingkat SMP kelas VIII semester ganjil TP 2019/2020

Mutmainah, Asri Laili (2020) Analisis pendidikan karakter pada buku teks IPA-Biologi tingkat SMP kelas VIII semester ganjil TP 2019/2020. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Analisis bahan ajar dapat membantu guru dalam memilih sumber belajar yang tepat untuk siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa analisis pendidikan karakter pada buku ajar materi biologi belum diketahui, dan penelitian analisis buku tersebut belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan pendidikan karakter pada buku ajar IPA materi biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis konten/ isi dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan aspek muatan pendidikan karakter pada buku ajar. Waktu penelitian yaitu Bulan Juli sampai bulan September 2020. Subjek penelitian yaitu buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam, kelas VIII semester ganjil yang diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar IPA materi biologi kelas VIII semester ganjil memuat 17 indikator dari 18 indikator pendidikan karakter yaitu religius 3,54%, jujur 1,71%, toleransi 6,33%, disiplin 11,99%, kerja keras 4,59%, kreatif 8,98%, mandiri 2,36%, demokratis 5,04%, rasa ingin tahu 16,32%, semangat kebangsaan 1,55%, cinta tanah air 0,32%, menghargai prestasi 6,44%, komunikatif 7,99%, gemar membaca 2,99%, peduli sosial 13,48%, peduli lingkungan 0,49% dan tanggung jawab 5,82% dengan hasil rekapitulasi rata-rata kemunculan nilai pendidikan karakter tertinggi yaitu nilai karakter rasa ingin tahu sebesar 16,36 %. Berdasarkan hasil observasi analisis pendidikan karakter, dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPA materi biologi kelas VIII kurikulum 2013 semester ganjil memuat nilai pendidikan karakter sesuai dengan uraian indikator pendidikan karakter yang diterbitkan oleh Kemdiknas 2010. Dengan demikian buku ajar IPA kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud dapat memfasilitasi siswa dalam penguatan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Teks; Pendidikan Karakter; Materi Biologi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: asri laili mutmainah
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:08
Last Modified: 21 Dec 2020 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35813

Actions (login required)

View Item View Item