Hubungan antara Self Confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa MI: Studi penelitian pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung

Aeni, Siti Qurotul (2020) Hubungan antara Self Confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa MI: Studi penelitian pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh TIMSS (2012) menunjukan skala internasional hanya 14% siswa yang mempunyai self confidence tinggi yang berkaitan dengan matematika. Sedangkan 45% siswa berkategori sedang dan 41% termasuk lemah. Begitupula yang terjadi pada siswa di Indonesia 3% termasuk kategori tinggi, 52% siswa kategori sedang serta 45% kategori rendah. Lalu muncul pertanyaan terkait adanya hubungan self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa atau tidak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: self confidence siswa pada pembelajaran matematika di kelas V MIN 1 Kota Bandung, bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas V MIN 1 Kota Bandung, dan hubungan antara self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas V MIN 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung. Adapun instrument yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui self confidence pada siswa dan tes uraian untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa. Sejalan dengan pendapat Ruswana dan Zamnah (2018) dari hasil penelitiannya yang menyatakan terdapat keterkaitan antara Self Confidence dengan kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: realitas self confidence siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung menunjukan hasil yang positif dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai akhir sebesar 3,27 sedangkan realitas kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung menunjukan hasil yang positif dengan kualifikasi baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai akhir sebesar 2,97. Hubungan antara self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung, termasuk pada kategori lemah. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji statistik korelasi menggunakan rumus produc moment bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,392. Nilai tersebut diinterpretasikan korelasi berkategori rendah karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,392 berada pada interval 0,200-0,399, dengan sigfikasi 5% diperoleh r tabel sebesar 0,349, sehingga jika nilai r hitung 0,392 > r tabel 0,349. Selain itu hipotesis yang diperoleh bahwa H_0 ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: self confidence; kemampuan pemahaman matematis
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti qurotul Aeni
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:36
Last Modified: 21 Dec 2020 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35802

Actions (login required)

View Item View Item