Persepsi mahasiswa jurnalistik mengenai kritik Satire pada program "Mr.Kece" Opini.id: Studi deskriptif kualitatif persepsi mahasiswa jurnalistik angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wafi, Muhammad Adli (2020) Persepsi mahasiswa jurnalistik mengenai kritik Satire pada program "Mr.Kece" Opini.id: Studi deskriptif kualitatif persepsi mahasiswa jurnalistik angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, satire tidak hanya digunakan dalam tataran kesusastraan, namun sudah merambah ke media massa melalui konten-konten berbasis video, sajian berita online, bahkan tayangan di televisi. Penggunaan satire di media kerap dipadukan dengan humor dan dijadikan alat untuk mengkritik individu, golongan, instansi, bahkan kebijakan dan kinerja pemerintah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurnalistik angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengenai kritik satire pada program Mr. Kece Opini.id ditinjau dari proses seleksi, interpretasi, dan reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sehingga hasil penelitian akan dijelaskan sesuai konstruksi di lapangan berdasarkan data yang dipaparkan narasumber. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian menggunakan landasan teori persepsi Alex Sobur. Pada teori ini, proses persepsi terdiri atas tiga komponen utama, yaitu seleksi, interpretasi, dan reaksi. Seleksi merupakan penyaringan indra terhadap rangsangan dari luar. Interpretasi merupakan proses pengorganisasian infomasi sehingga mempunyai arti bagi seseorang. Reaksi merupakan bentuk tingkah laku yang terjadi setelah proses seleksi dan interpretasi. Hasil penelitian Persepsi Mahasiswa Jurnalistik Mengenai Kritik Satire pada Program Mr. Kece Opini.id terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Tahap Seleksi, seluruh informan mampu memfokuskan perhatian dan menilai program Mr. Kece sebagai sajian kritik yang bersifat out of the box, karena pengemasannya berbeda dan menggunakan bahasa satire yang dibalut humor sebagai alat untuk menyampaikan kritik. 2) Tahap Interpretasi, informan menjadikan konsep pengemasan dan penggunaan kritik satire dalam program Mr. Kece sebagai ciri khas dan sudah cukup konstruktif, meskipun belum begitu memberikan alternatif pemecahan masalah untuk isu yang dibahas. 3) Tahap Reaksi, setelah menonton program Mr. Kece, informan menjadi lebih skeptis dan ingin mencari tahu lebih dalam soal isu yang diangkat. Informan merasa terhibur dan mendapat asupan tayangan yang bersifat out of the box dan berani menyampaikan kritik secara terbuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kritik Satire; Persepsi; New Media
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Adli Wafi
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:41
Last Modified: 18 Dec 2020 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35766

Actions (login required)

View Item View Item