Hubungan Self-Regulated Learning dengan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi

Anuari, Riska Nurul (2020) Hubungan Self-Regulated Learning dengan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Self-regulated learning adalah kemampuan siswa dalam mempersiapkan, mengontrol, serta menyelesaikan gangguan ketika pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan self-regulated learning siswa pada materi sistem ekskresi, mendeskrisikan hasil belajar kognitif pada materi sistem ekskresi serta mendeskripsikan ada tidaknya hubungan self-regulated learning dengan hasil belajar pada materi sistem ekskresi. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket self-regulated learning melalui google form kepada siswa SMA Muhammadiyah 6 Kertasari sebanyak 45 orang siswa sebagai sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari variabel self-regulated learning sebesar 3,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajarnya adalah 73,47 degan kategori baik. Hasil menunjukkan bahwa nilai sig. 0,093 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, tidak terdapat hubungan positif yang signifikan dan kuat antara self-regulated learning dengan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi, Adapun besar pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar adalah 2,5%, sehingga 97,5 % nya dipengaruhi oleh faktor luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning; Hasil Belajar Kognitif; Materi Sistem Ekskresi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riska Nurul Anuari
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:03
Last Modified: 17 Dec 2020 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35744

Actions (login required)

View Item View Item