Hubungan kemampuan Self-Regulated Learning dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan Kelas VIII SMPN 1 Bantarujeg

Widiastuti, Resty (2020) Hubungan kemampuan Self-Regulated Learning dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan Kelas VIII SMPN 1 Bantarujeg. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena yang mengharuskan siswa belajar dirumah karena pandemi covid-19. Hal ini membuat sebagian siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan yang bersifat hiburan atau bermain dibandingkan belajar, sehingga siswa lebih sulit di kontrol dalam proses pembelajarannya. maka penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan self- regulated learning siswa pada materi sistem pencernaan, 2) menganalisis hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan, 3) menganalisis ada tidaknya hubungan kemampuan self-regulated learning siswa dengan hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, soal tes, dan wawancara secara online kepada siswa SMPN 1 Bantarujeg sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII-B pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari variabel self-regulated learning sebesar 2,92 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa mendapatkan nilai rata-rata 75 dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan positif yang signifikan dan kuat antara kemampuan self-regulated learning dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan. Besarnya pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar kognitif adalah 51,3%, sehingga 48,7 % dipengaruhi oleh faktor luar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Self-Regulated Learning; Hasil Belajar Kognitif; Sistem Pencernaan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Resty Widiastuti
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:04
Last Modified: 16 Dec 2020 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35737

Actions (login required)

View Item View Item