Pengaruh penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan menulis Al-Quran pada siswa madrasah ibtidaiyah : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas III MI Cahaya Kota Cimahi

Ulfah, Ulfah (2020) Pengaruh penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan menulis Al-Quran pada siswa madrasah ibtidaiyah : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas III MI Cahaya Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini karena semakin berkembangnya zaman, apalagi pada zaman modern saat ini membaca dan menulis Al-Qur’an kurang diminati oleh siswa, hal ini dipengaruhi oleh perubahan masyarakat dan kebudayaan yang terjadi. Seperti adanya ponsel, televisi dan lainnya, anak-anak maupun remaja banyak yang melalaikan untuk membaca dan belajar menulis ayat-ayat Al-Qur’an karena mereka semua sudah keasikan bermain. Kenyataan yang terjadi di lapangan berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MI Cahaya yaitu dengan memberikan satu soal berupa menulis Q.S Al-Zalzalah yang sesuai dengan indikator kemampuan menulis Al-Qur’an yang diberikan kepada siswa kelas III, diperoleh sebuah hasil bahwa lebih dari 50% siswa belum mampu menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dan masih banyak kesalahan dalam menyambungkan huruf-hurufnya. Bahkan dari soal yang diberikan hanya ada sedikit siswa yang mampu menulis surat secara lengkap, tetapi dalam hal menyambungkan huruf-huruf hijaiyahnya masih belum tepat. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur’an siswa yaitu strategi pembelajaran practice rehearsal pairs atau praktik berpasangan. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis Al-Qur’an sebelum menggunakan pembelajaran dengan strategi practice rehearsal pairs dan metode imla’ pada siswa kelas III MI Cahaya Kota Cimahi, mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan strategi practice rehearsal pairs dan metode imla’ pada siswa kelas III MI Cahaya Kota Cimahi. Dan mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan menulis Al-Qur’an antara yang menggunakan pembelajaran dengan strategi practice rehearsal pairs dengan yang menggunakan metode imla’ pada siswa kelas III MI Cahaya Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain the post-test two experimental groups design yang dilakukan pada siswa kelas III An-Najm (Eksperimen 1) dan kelas III Ath-Tariq (Eksperimen 2). Hasil penelitiannya yaitu, 1) Kemampuan awal menulis Al-Qur’an siswa di kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata 63,38. Sedangkan di kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata 60,12. Didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan menulis Al-Qur’an siswa di kelas eksperimen 1 dan di kelas eksperimen 2 sebelum diberikan tindakan. 2) Hasil analisis lembar observasi aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen 1 memperoleh rata-rata sebesar 88,4% dengan kategori sangat baik, sedangkan di kelas eksperimen 2 sebesar 84,3% dengan kategori baik. 3) Adapun hasil uji statistika menggunakan software SPSS 20 for windows diraih nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,014 ≤ taraf signifikansi α = 0,05 sehingga H0 ditolak. Sehingga antara siswa yang menerapkan strategi practice rehearsal pairs dan yang menerapkan metode imla’ dinyatakan terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Practice Rehearsal Pairs; Kemampuan Menulis Al-Qur’an
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfah Ulfah
Date Deposited: 16 Dec 2020 08:13
Last Modified: 16 Dec 2020 08:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35729

Actions (login required)

View Item View Item