Sikap siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak hubungannya dengan motivasi belajar mereka di sekolah: Penelitian korelasi terhadap siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Tanjungsari

Khoerunnisa, Ade Sofie (2020) Sikap siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak hubungannya dengan motivasi belajar mereka di sekolah: Penelitian korelasi terhadap siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi bahwa sikap siswa dan motivasi belajar terhadap mata pelajaran akidah akhlak ada yang merespon dengan baik dan ada yang tidak. Ini dikarenakan di dalam diri siswa itu sendiri tidak memiliki minat terhadap mata pelajaran akidah akhlak. Ada beberapa siswa yang berleha-leha dan hanya bermain tidak serius mengikuti pelajaran tersebut. Dan dampaknya itu terhadap motivasi diri siswa tersebut yang menjadi tidak bersemangat untuk belajar Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Sikap siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI MA Muhammadiyah Tanjungsari 2) Motivasi siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI MA Muhammadiyah Tanjungsari 3) Hubungan antara sikap siswa dengan motivasi belajar mereka di sekolah kelas XI MA Muhammadiyah Tanjungsari. Penelitian ini mengacu pada sebuah pemikiran bahwa mata pelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan wajib. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran mempengaruhi sikap mereka yang merespon mata pelajaran akidah akhlak dengan baik. Dan memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik statistik inferensial dengan menggunakan analisis regensi dan korelasi. Teknik penelitian yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Untuk angket mengambil sampel sebanyak 40 orang. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Realitas sikap siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak di sekolah MA Muhammadiyah Tanjungsari berkualifikasi positif. Berdasarkan perhitungan analisis parsial yang diperoleh nilai sebesar 3,1 berkategori tinggi karena berada pada interval 3,00 – 4,00 2) Realitas motivasi belajar mereka terhadap mata pelajaran akidah akhlak di sekolah MA Muhammadiyah Tanjungsari berkualifikasi positif. Berdasarkan perhitungan analisis parsial yang diperoleh adalah sebesar 3,00 berkategori tinggi karena berasa pada interval 3,00 – 4,00 3) Hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak dengan motivasi belajar mereka di sekolah MA Muhammadiyah Tanjungsari. Memiliki koefisien korelasi sebesar 0,99 dan termasuk kedalam kategori korelasi sangat tinggi. Angka tersebut berada pada skala korelasi 0,91 – 1,00. Untuk hasil uji hipotesis menghasilkan t hitung = 60,98 dan t tabel = 1,68, t hitung (60,98) > t tabel (1,68) dengan demikian hipotesis altermatif (Ha) diterima. Begitupun dengan hasil uji pengaruh korelasinya diperoleh 90% dan diperkirakan 10% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; mata pelajaran aqidah akhlak
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Sofie Khoerunnisa
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:24
Last Modified: 16 Dec 2020 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35717

Actions (login required)

View Item View Item