Efektifitas pelaksanaan MEPELING (Memberikan Pelayanan Keliling) akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung

Patimah, Dini Siti (2020) Efektifitas pelaksanaan MEPELING (Memberikan Pelayanan Keliling) akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah sebagai lembaga dalam pelaksanaan ketatanegaraan tentu memiliki fungsi dan tugas yang diantaranya memberikan pelayanan publik bagi masyarakat. Pelayanan administrasi kependudukan merupakan isu penting dalam masalah pelayanan publik. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang administrasi kependudukan. Salah satu dinas yang sudah menerapkan program inovasi pelayanan administrasi kependudukan adalah Disdukcapil Kota Bandung dengan nama program MEPELING (Memberikan Pelayanan Keliling) dengan menggunakan mobil berbais IT. Mepeling Akta Kelahiran sudah dilaksanakan dengan baik, namun tentu masih terdapat kekurangan sehingga masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Mepeling Akta Kelahiran yang dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, dan juga dalam rangka mengetahui kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung dalam menjalankan program Mepeling Akta Kelahiran. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori yang sangat relevan dengan permasalahan yang peneliti temukan yaitu menggunakan teori Emitai Etzioni dalam Indrawijaya (2014:187) yang dimana menyatakan model sistem efektivitas terdiri dari 4 dimensi, diantaranya adaptasi, integrasi, motivasi anggota dan produksi (hasil). Metode penelitian yang peneliti gunakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan Mepeling Akta Kelahiran oleh Disdukcapil Kota Bandung sudah berjalan dengan baik, namun masih belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala dan hambatan. Kendala dalam pelaksanaan Mepeling Akta Kelahiran adalah kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang menjadi petugas Mepeling Akta Kelahiran, sering terjadinya jaringan error pada saat penginputan data, dan kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap pembuatan Akta Kelahiran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Mepeling Akta Kelahiran; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dini Siti Patimah
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:50
Last Modified: 28 Dec 2020 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35698

Actions (login required)

View Item View Item