Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Fiqih bab nikah : Penelitian di kelas XI MA Baabussalaam

Nurhayati, Rina Marina Devi (2020) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Fiqih bab nikah : Penelitian di kelas XI MA Baabussalaam. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis di MA Baabussalam kelas XI mata pelajaran Fiqih, model pembelajaran Inside Outside Circle merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran. Secara umum siswa aktif mengikuti pembelajaran,Namun serta siswa mengikuti pembelajaran sesuai dengan metode yang digunakan. Penulis tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap penerapan metode tersebut dan juga hubungannya terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model Inside Outside Circle pembelajaran di MA Baabussalaam 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh materi tentang pernikahan di MA Baabussalaam 3) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Fiqh materi tentang pernikahan di MA Baabussalaam. Berdasarkan teori yang ada bahwa hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh adanya Tanggapan. Didalam peneletian ini penulis meneliti tanggapan siswa terhada model Inside Outside Circle dalam mata pelajaran Fiqih bab nikah. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelatif. 2) Responden 41 orang siswa Kelas XI MA Baabussalaam. 3) Alat pengumpul data : angket,observasi, dan studi kepustakaan. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan 1) tanggapan siswa terhadap penerapan model Inside Outside Circle dalam pembelajaran Fiqih materi nikah termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata angket 4,05 yang berada pada interval 3, 40 – 4, 19. 2) Hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Fiqih bab nikah, termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 76, 02 yang berada pada rentang 70 – 79. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model Inside Outside Circle dalam pembelajaran Fiqih Materi nikah dengan hasil belajar kognitif siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0, 43.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; hasil belajar; fiqih;nikah
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rina marina devi nurhayati
Date Deposited: 02 Feb 2021 00:04
Last Modified: 02 Feb 2021 00:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35694

Actions (login required)

View Item View Item