Realitas pembagian kerja masyarakat petani dalam pengelolaan pertanian: Penelitian di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Rahmatulloh, Adi (2020) Realitas pembagian kerja masyarakat petani dalam pengelolaan pertanian: Penelitian di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Pembagian kerja senantiasa ada pada setiap aktifitas produksi begitupula dalam pengelolaan pertanian dan didalam pengelolaan ada beberapa peran yang sudah ditentukan untuk laki-laki maupun perempuan.semuanya memberikan perannya masing-masing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Pembagian kerja masyarakat petani dan pengupahan bagi buruh tani dalam mengelolaan pertanian di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari 2. Pengaturan alokasi waktu kerja antara pekerjaan domestik dan pekerjaan publik (bertani) bagi perempuan di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari. Penelitian ini menggunakan Teori Struktur fungsional dari Talqot Parsons yang melihat bahwa masyarakat selalu berada pada keseimbangan (equilibrium) ketiak ada empat komponen yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, Pemeliharaan pola. Berdasarkan Teori Struktural Fungsional Talqot parsons penulis merelevansikan ke empat komponen terhadap pembagian kerja masyarakat petani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumluan data yang diambil yaitu Observasi, Wawancara kepada masyarakat petani dan pemerintah desa, dan Kajian Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi dan Kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten bandung. Temuan penilitian ini menunjukkan bahwa yang Pertama, penulis menemukan pertimbangan yang dilakukan oleh masyarakat petani pada pembagian kerja yaitu pertimbangan pada Sumber Daya Manusia, Pekerjaan yang sifatnya ringan dan membutuhkan kesabaran dan ketelitian diperuntukkan bagi buruh perempuan dan pengupahan yang disesuaikan dengan kondisi ekonomi lokal. Kedua, alokasi waktu buruh perempuan mengenai pekerjaan domestik disesuakian dengan pekerjaan publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembagian kerja; Masyarakat Petani; Desa;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adi Rahmatulloh
Date Deposited: 15 Dec 2020 01:14
Last Modified: 15 Dec 2020 01:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35693

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item