Hubungan rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran daring pada materi sistem gerak : Penelitian di kelas VIII MTs. Manba’ul Huda Bandung tahun ajaran 2020/2021

Fadlillah, Insi Ayunisa (2020) Hubungan rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran daring pada materi sistem gerak : Penelitian di kelas VIII MTs. Manba’ul Huda Bandung tahun ajaran 2020/2021. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Rasa percaya diri menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Ditengah pandemi covid-19 pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan pembelajaran langsung secara tatap muka. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan rasa percaya diri dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran daring pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu korelasional dengan pendekatan kuantitatif ekspos fakto. Data diperoleh dari instrumen berupa kuesioner rasa percaya diri dan hasil belajar kognitif siswa berasal dari hasil nilai rata-rata empat kali tugas dalam materi sistem gerak dengan jumlah sampel 96 orang yaitu kelas VIII MTs Manba’ul Huda Bandung tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki rasa percaya diri yang tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,5 sedangkan hasil belajar kognitif siswa dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan nilai R : 0,885 dengan interpretasi hubungan yang kuat. Dengan demikian terdapat hubungan positif yang signifikan dan kuat antara rasa percaya diri dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran daring pada materi sistem gerak. Besarnya pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar kognitif siswa adalah 78,3%, sehingga 21,7% dipengaruhi oleh faktor luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: percaya diri; hasil belajar; kognitif;pembelajaran daring;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Insi Ayunisa Fadlillah
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:24
Last Modified: 22 Dec 2020 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35654

Actions (login required)

View Item View Item