Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi Tasikmalaya.

Nurhayati, Ana (2020) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Ana Nurhayati (1162090008) 2020 : Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya masalah pada saat belajar yang dialami oleh peserta didik di kelas IV MI Islamiyah Sukaresmi, yang mana masalah tersebut yakni banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran matematika, hal tersebut diketahui berdasarkan keterangan dari wali kelas dan juga berdasarkan hasil ulangan harian peserta didik. Kesulitan belajar khususnya pada pembelajaran matematika merupakan permasalahan yang sering dialami oleh peserta didik, namun apabila diteliti lebih lanjut kesulitan belajar tersebut akan mempengaruhi pada karir akademik anak pada jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan belajar pada pembelajaran matematika yang dialami oleh peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi, untuk mengetahui faktor penyebabnya, dan juga untuk mengetahui solusi untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi. Penelitian ini didasarkan pada hambatan atau masalah saat belajar yang seringkali terjadi dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu dampak dari permasalahan tersebut yaitu membuat peserta didik merasa kesulitan dalam belajar dan hal tersebut dapat mempengaruhi pada hasil belajarnya. Dengan mencari tahu kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan juga faktor penyebabnya dapat mempercepat pemberian tindakan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika sehingga proses pembelajaran kedepannya berlangsung lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, dengan metode sekuensial gabungan. Subyek utama pada penelitian ini ialah siswa kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kesulitan belajar pada pembelajaran matematika yang dihadapi oleh peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Sukaresmi yaitu dalam memahami konsep dengan kategori sangat tinggi (63,79%), kesulitan pada keterampilan matematika dengan kategori sedang (41,38%), dan kesulitan dalam pemecahan masalah dengan kategori tinggi (55,17 %). Faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran matematika yaitu terdiri dari faktor kesehatan dengan kategori sangat rendah (17,24%), minat dan bakat sangat tinggi (60,34 %), faktor motivasi dengan kategori tinggi (51,72 %), kebiasaan belajar dengan kategori sedang (41,38 %), dan juga faktor perhatian dengan kategori sedang (37,93 %). Selain faktor-faktor tersebut, faktor kurang mengusai terhadap bahasa merupakan faktor internal yang ditemukan diluar dari jenis faktor penyebab yang diteliti. Solusi yang diberikan oleh guru matematika kelas IV untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya antara lain yaitu dengan mengadakan tes kesehatan, menterjemahkan bahasa, memberikan latihan soal, melakukan kerja sama dengan orang tua siswa dan mengarahkan siswa sesuai dengan potensinya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar; Pembelajaran Matematika;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ana Nur Hayati
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:51
Last Modified: 25 Mar 2021 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35577

Actions (login required)

View Item View Item