Perspektif hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan konsumen : Studi kasus labelisasi pangan industri rumah tangga di Kabupaten Purwakarta

Mulyadi, Agus (2020) Perspektif hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan konsumen : Studi kasus labelisasi pangan industri rumah tangga di Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunugn Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Pemenuhan kebutuhan pangan tersebut melibatkan interaksi antara pelaku usaha dan konsumen, salah satu penyuplai produk pangan tersebut adalah Industri Rumah Tangga Pangan. Pelaku usaha pangan memiliki beberapa kewajiban, diantaranya mencantumkan label pangan yang sesuai Pasal 8 ayat (1) huruf i UUPK pada kemasan pangan hasil produksinya. Lebel dalam hukum ekonomi syariah memiliki arti penting yakni sebagai syarat kejelasan objek yang diperjual belikan, tetapi pada kenyataanya ada beberapa Pelaku usaha industri rumah tangga pangan yang tidak mencantumkan label sebagaimana peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: konsep perlindungan hukum terhadap konsumen Produk Industri Rumah Tangga Pangan di Kabupaten Purwakarta, pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen atas labelisasi produk Industri Rumah Tangga Pangan di Kabupaten Purwakarta, serta tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan hukum bagi konsumen atas labelisasi produk Industri Rumah Tangga Pangan di Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan pada Dinas Kesehatan dan BPOM Kabupaten Purwakarta. Data yang dikumpulkan yakni data primer dan data sekunder. Data-data yang diperoleh keumudian dianlisis, direduksi, disajikan da kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian menujukan bahwa pelaku usaha industri rumah tangga pangan di Kabupaten Purwakarta masih banyak yang melanggar ketentuan pelabelan sebagaimana pasal 8 ayat (1) huruf (i). Dalam pengawasanya Dinas Kesheatan Kabupaten Purwakarta hanya menerapkan sanksi berupa surat teguran kepada pelaku usaha yang tidak mencantumkan label sebagaimana mestinya. Padahal seharunya pemerintah menerapkan sanksi berdasarkan PP No. 28 tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan. Dalam hukum ekonomi syariah jual beli pangan yang tidak berlebel merupakan jual beli yang sah karena informasi objeknya diberikan langung oleh penjual. Disamping itu pula pangan yang dijual belikan telah memenuhi syarat kehalalan hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian labolatorium dinas kesehatan Kabupaten Purwakarta yang tidak menemunkan bahan-bahan campuran pangan yang haram menurut ajaran agama islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum konsumen; pelaku usaha; hukum ekonomi syariah
Subjects: Islam
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Agus Mulyadi
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:05
Last Modified: 08 Dec 2020 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35560

Actions (login required)

View Item View Item