Hubungan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi

Alawiyah, Risa Nur (2020) Hubungan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan abad 21 yang tidak bisa terpisahkan dari teknologi informasi dan komunikasi, hubungan literasi digital sebagai kecakapan literasi dasar dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi perlu diketahui. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kemampuan literasi peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan hubungan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan adalah penelitian survei dan deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran dengan jenis penelitan korelasi deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Ciamis pada peserta didik kelas XII MIPA yang berjumlah 141 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian literasi digital pada materi sistem reproduksi. Data hasil belajar diperoleh melalui studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menujukkan (1) tingkat literasi digital peserta didik sangat tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 81,72, dengan konversi nilai skala empat menjadi 3,27 menunjukan interpretasi sangat tinggi (2) hasil belajar peserta didik menunjukan rata-rata nilai 81,67 atau 3,26 menunjukan kategori hasil belajar berkategori baik (3) analisis korelasi diuji menggunakan uji korelasi pearson dengan df=139 dan α=0,5 menghasilkan nilai 0,906 yang berada pada rentang 0,80-1,000. Hasil uji korelasi menunjukan adanya korelasi sangat tinggi antara variabel literasi digital dengan hasil belajar. Hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig<0,05) menunjukan bahwa H0 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; korelasi; literasi digital; sistem reproduksi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Risa R Nur Alawiyah
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:21
Last Modified: 07 Dec 2020 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35543

Actions (login required)

View Item View Item