Analisis kritik terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah

Shalahudin, Ismail and Saepulmillah, Asep and Ruswandi, Uus and Arifin, Bambang Samsul (2020) Analisis kritik terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2). pp. 170-188. ISSN 2087-7064

[img]
Preview
Text
5901-Article Text-15613-1-10-20201130 (Simpan di peprustakaan).pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research, yang mendasarkan pada sumber-sumber data atau rujukan yang berbentuk teks dari pendapat para ahli yang telah diformulasikan dalam bentuk buku, jurnal, maupun yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kritik dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah adalah bahwa tingkat kepedulian para guru untuk menyajikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang baik dan sistematis, serta tingkat keahlian mereka pada disiplin keilmuan masing-masing belum memadai untuk dapat merancang suatu konsep pembelajaran. Solusi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yang efektif adalah bahwa guru PAI harus memiliki kemampuan dalam memahami karakteristik dan keinginan siswanya melalui penggunaan metode yang variatif yang dapat menggugah kreatifitas siswa sehingga dapat termotivasi untuk belajar PAI. Guru juga harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat sehingga terjadi proses pembelajaran yang tidak hanya transfer materi dari guru ke murid tetapi juga terjadi proses timbal balik diantara keduanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis; Pembelajaran PAI; Sekolah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Social Groups
Education
Depositing User: Bambang S Arif
Date Deposited: 06 Dec 2020 12:52
Last Modified: 06 Dec 2020 12:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35519

Actions (login required)

View Item View Item