Pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru :Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Maarif 1 Malangbong Kabupaten Garut

M Ramlan, M Ramlan (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru :Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Maarif 1 Malangbong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah merupakan salah satu penggerak dan memiliki pengaruh besar di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Sebagai seorang pemimpin, kepala madrasah diharuskan memiliki gaya kepemimpinan untuk menjalankan tugas dan fungsinya di sekolah. Tidak jarang ditemukan guru yang memilki semangat rendah di dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi guru dalam bekerja. Dalam hal ini, salah satu fungsi kepala madrasah sebagai motivator haruslah mampu meningkatkan motivasi kerja guru dengan cara memiliki gaya kepemimpinan yang digunakannya dengan tepat. Masalah pada penelitian ini sangat penting, karena untuk mengungkapkan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah, yaitu peranan kepala madrasah, dan motivasi kerja yang dimiliki guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru di MTs Ma’arif 1 Malangbong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel dengan cara menyebarkan kuesioner dengan model skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan responden, sebagai data primer kepada 30 guru yang dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini. Adapun mengenai teknik analisis data yang digunakan pada penelitina ini adalah statistik deskrptif, uji validitas, uji realibilitas, analisis korelasi, uji hipotesis, serta uji koefesien determinasi dengan menggunakan bantuan software SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa varibel gaya kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan t hitung 18,358 dan t tabel 2, 04841. Artinya t hitung lebih besar daripada t tabel, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan terhadap variabel motivasi kerja. Adapun pengaruh besarnya gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru berdasarkan koefesien determinasi yaitu 0,921 atau 92, 1 % dengan tingkat pengaruh sangat tinggi berdasarkan pedoman interpretasi koefesien determinasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Motivasi kerja
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Ramlan M Ramlan
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:13
Last Modified: 15 Dec 2020 08:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35512

Actions (login required)

View Item View Item