Kajian historiografi buku Bacharuddin Jusuf Habibie Detik-Detik Yang Menentukan Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi: Studi tentang corak dan metode penulisan Tahun 1998

Nuryani, Yuyun (2020) Kajian historiografi buku Bacharuddin Jusuf Habibie Detik-Detik Yang Menentukan Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi: Studi tentang corak dan metode penulisan Tahun 1998. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Historiografi Indonesia merupakan suatu kajian perkembangan penulisan sejarah Indonesia. Dilihat dari fungsinya, historiografi adalah upaya untuk mempelajari bagaimana para sejarawan menafsirkan dan menuliskan kembali fakta sejarah, baik pandangan seorang sejarawan tentang fakta sejarah, atau persepektif sejarah tentang fakta sejarah, dan juga perspektif sejarah seorang sejarawan. Dalam penulisan sejarah Indonesia mengalami tingkat perkembangan yang berbeda-beda menurut zaman, lingkungan kebudayaan, dan tempat bagaimana historiografi itu dihasilkan. Buku Detik-Detik Yang Menentukan : Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi karya Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan hasil dari perkembangan historiografi yang ada. Memuat bagaimana sejarah lahirnya reformasi mulai dari jatuhnya Presiden Soeharto dan digantikan oleh wakilnya yaitu BJ. Habibie hingga sampai saat BJ. Habibie berakhir menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia. Sedikitnya, rumusan masalah dalam penelitian ini akan mengungkap bagaimana latar belakang mengapa BJ. Habibie menulis buku Detik-Detik Yang Menentukan, serta bagaimana corak dan metode penulisan yang digunakan oleh BJ. Habibie dalam menyusun buku ini, Karena, latar belakang penulisan dan motivasi penulisan akan berpengaruh kepada tujuan penulisan sebuah karya historiografi, khususnya buku BJ. Habibie ini. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian sejarah yang dilakukan melalui empat tahap : heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa buku Detik-Detik Yang Menentukan merupakan sebuah karya sejarah dengan menandai semangat perkembangan historiografi yang sesuai pada zamannya. Menggunakan pendekatan metode kualitatif karena BJ. Habibie ini merupakan seorang pelaku dan saksi sejarah pada peristiwa yang ditulisnya, sehingga banyaknya mendorong permasalahan sosial yang bersifat apa adanya juga menenkankan lebih kepada hasil yang telah diperbuat oleh pelaku sejarah tersebut. Karya ini sangat popular sebagai sebuah karya yang banyak memuat informasi mengenai sejarah terjadinya reformasi di Indonesia, mulai dari pengunduran dirinya Soeharto sampai dengan pemilihan Presiden ke-4 oleh Abdurrahman Wahid. Menjadi salah satu sumber rujukan yang kredibel dalam mengungkap peristiwa peralihan antara masa orde baru dan reformasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BJ Habibie; Historiografi; Detik-Detik yang Menentukan
Subjects: Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yuyun Nuryani
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:22
Last Modified: 04 Dec 2020 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35472

Actions (login required)

View Item View Item