Analisis representasi Visual pada bahan ajar IPA-Biologi

Adawiyah, Eva Puspita (2020) Analisis representasi Visual pada bahan ajar IPA-Biologi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar dalam proses pembelajaran memiliki kedudukan penting bagi suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Bahan ajar yang dimaksud dalam penelitian ini berupa buku ajar terbitan kemendikbud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas representasi visual buku ajar IPA-biologi kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017 yang dilihat dari tipe representasi visual, kesesuaian representasi visual dengan konten materi, kesesuaian representasi visual dengan realitas, dan fungsi representasi visual. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dalam bentuk list tabel atau member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA-Biologi yang dianalisis memuat tipe foto sebagai kategori tipe representasi visual yang paling banyak muncul dengan persentase sebesar 39,28%, kategori kesesuaian representasi visual dengan konten materi didominasi oleh kategori bermakna dengan persentase sebesar 62,88%, kategori kesesuaian representasi visual dengan realitas yang paling banyak muncul bersifat metafora dengan persentase sebesar 60,33%, dan kategori fungsi representasi visual yang paling banyak muncul berfungsi sebagai pemberi contoh dengan persentase sebesar 35,32%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa representasi visual dalam buku ajar terbitan kemendikbud ini dalam aspek representasi visual sudah bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Representasi Visual; Buku Ajar IPA-Biologi
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Eva Puspita Adawiyah
Date Deposited: 04 Dec 2020 00:49
Last Modified: 04 Dec 2020 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35466

Actions (login required)

View Item View Item