Konsep pendidikan Agama Islam dalam keluarga perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir

Kamil, Mohamad Ihsan (2020) Konsep pendidikan Agama Islam dalam keluarga perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak orangtua yang masih tidak sadar akan peranan penting mereka sebagai lembaga pendidikan pertama bagi anak. Hal ini dipertegas dengan banyaknya fenomena orangtua yang menyerahkan urusan pengasuhan anak-anak mereka kepada jasa asisten rumah tangga, pengasuh anak atau baby sitter yang mana sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak untuk kedepannya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Konsep pendidikan agama Islam dalam keluarga menurut para Ahli. 2) Konsep pendidikan agama Islam dalam keluarga perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir. 3) Implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir. Kerangka berfikir dalam penelitian ini yaitu pada dasarnya pendidikan merupakan sebuah kebutuhan manusia yang fundamental, sebab pendidikan itu tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Maka karena itu, hakikat tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia serta proses yang dilakukan dalam pendidikan itu seumur hidup tanpa mengenal batasan usia, ras, budaya, agama ataupun gender. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, metodenya deskriptif. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh peneliti berasal dari data primer dan data sekunder berupa buku, karya tulis ilmiah dan hasil wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan yaitu content analysis atau analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Para Ahli berbeda pendapat dalam memformulasikan pendidikan agama Islam dalam keluarga. Namun hakikatnya, tujuan yang dicapai memiliki kesamaan yaitu agar seseorang menjadi pribadi muslim yang paripurna yang berguna bagi diri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya. 2) Intisari konsep pendidikan agama Islam dalam keluarga perspektif Ahmad Tafsir yaitu keteladanan yang dilakukan oleh orangtua. 3) Implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga menurut Ahmad Tafsir yaitu orangtua harus bisa memberikan keteladanan yang baik untuk ditiru oleh anaknya. Kemudian dari keteladanan tersebut dibiasakan oleh anak atas dasar bimbingan dari orangtuanya agar anak menjadi manusia yang paripurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Keluarga; Ahmad Tafsir
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Ihsan Kamil
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:02
Last Modified: 10 Dec 2020 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35448

Actions (login required)

View Item View Item