Hubungan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dengan kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Triyasa Ujung Berung Kabupaten Bandung

Alamsyah, Fajrin (2020) Hubungan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dengan kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Triyasa Ujung Berung Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hubungan kecerdasan Spiritual dengan kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang di SMP Triyasa. Penanaman nilai-nilai kecerdasan Spiritual dan kedisiplinan di sekolah ini sudah terimplentasi dengan baik, walaupun ada sebagian siswa yang masih kurangnya kedisiplinan. Padahal dalam penanaman kecerdasan Spiritual dapat menjadikan siswa mempunyai sikap disiplin yang baik agar menghindari perilaku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kecerdaan Spiritual2) Kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang dan 3) Hubungan tingkat kecerdasan Spiritual (SQ) dengan kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang di Kelas VII SMP Triyasa Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kecerdasan Spiritual dan kedisiplinan saling berkaitan dan memberikan dampak positif terhadap kehidupan siswa di sekolah maupun diluar sekolah. Meningkatkan kecerdasan spiritual dan kedisiplinan diharapkan menjadi bagian dalam hidup yang harus terus melekat. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Triyasa dengan populasi 219 diambil sampel 25 % yaitu 48 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMP Triyasa dari tanggal 14 Agustus s/d 16 Agustus 2020. Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecerdasan spiritual memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 4,1 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 4,0 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (3) Hubungan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dengan kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,98, angka tersebut tergolong kategori sangat tinggi karena berada pada skala 0,800 - 1,00. Derajat berpengaruh Variabel X terhadap Y yaitu sebesar 80 %. Artinya masih terdapat faktor lain sebesar 20 % yang memengaruhi Kedisiplinan siswa menjauhi perilaku menyimpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Kedisiplinan; Perilaku Menyimpang
Subjects: Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajrin Alamsyah
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:10
Last Modified: 03 Dec 2020 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35442

Actions (login required)

View Item View Item