pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP): Penelitian di SMPN 1 Cileunyi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurhasni, Anisa (2020) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP): Penelitian di SMPN 1 Cileunyi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohis memberikan pengaruh positif terhadap anggotanya baik dalam hal prilaku maupun dalam kegiatan belajar mengajar. Wujud perubahan dari mengikuti kegiatan ini terutama dalam KBM yaitu tekun dalam belajar, lebih aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar cenderung meningkat dan lebih baik, khususnya pelajaran PAI-BP. Namun, di sisi lain pada kegiatan KBM terlihat ada beberapa siswa yang sering keluar masuk kelas dengan alasan yang tidak jelas, tidak memperhatikan materi pelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, dalam pemberian tugas masih banyak siswa yang tidak mengerjakan atau malah di kerjakan di sekolah, dan pada saat kegiatan berdiskusi untuk memecahkan masalah pun hampir 50% siswa terlihat tidak peduli dan kurang berpartisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan Rohis di SMPN 1 Cileunyi 2) Motivasi belajar PAI-BP siswa di SMPN tersebut 3) Pengaruh kegiatan ekstrakulikuler Rohis terhadap motivasi belajar PAI-BP di SMPN tersebut. Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran bahwa kegiatan ektrakurikuler memberikan dampak positif pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) salah satunya motivasi belajar. Di dalam kegiatan ekstrakurikuler terdapat unsur motivasi belajar yaitu bisa meningkatkan kemampuan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler Rohis ini merupakan salah satu yang dapat meningkatkan motivasi belajar PAI-BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan penelitian korelasi dan menggunakan metode deskriptif. Teknik penelitian menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 34 orang dari 114 populasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMPN 1 Cileunyi berkategori baik dengan nilai 3,94, karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 3,5 - 4,2. 2) Motivasi belajar PAI-BP di SMP tersebut berkategori baik dengan nilai 3,98, karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 3,5 - 4,2. 3) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap motivasi belajar PAI-BP di SMP tesebut termasuk ke dalam kategori sedang dengan nilai pearson correlation sebesar 0,508, karena kualifikasi angka statistiknya berada pada interval 0,41 – 0,60. Besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap motivasi belajar PAI-BP sebesar 25,8% dan 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kegiatan ekstrakurikuler Rohis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Rohis; Motivasi Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisa Nurhasni
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:10
Last Modified: 03 Dec 2020 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35439

Actions (login required)

View Item View Item