Pengaruh Diferensiasi Produk dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Handphone Samsung di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Apriyadi Saputra, Apriyadi (1211802016): (2015) Pengaruh Diferensiasi Produk dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Handphone Samsung di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Diferensiasi Produk dan Inovasi Produk semakin memiliki arti penting bukan saja sebagai alat untuk menarik minat konsumen, mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan melainkan juga untuk persaingan meningkatkan kepuasan pelanggan. Berarrti dapat dikatakan bahwa diferensiasi dan inovasi tidak hanya tentang keunikan dan perbedaan yang dibuat perusahaan yang tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, namun ada nilai-nilai lain yang dengan mudah dapat dipersepsikan kepada pelanggan. Dengan latar belakang yang telah diutarakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Diferensiasi Produk (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) baik diteliti secara parsial maupun secara simultan. Diferensiasi produk adalah sebagai proses penambahan serangkaian perbedaan yang penting dan bernilai, guna membedakan tawaran perusahaan itu dari tawaran pesaing. Inovasi produk adalah inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk inovasi di segala proses fungsionil/ kegunaannya. Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi dan sampelnya adalah pengguna Handphone Samsung dikalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditujukan secara Nonprobability Sampling dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Aksidental. Pada penelitian ini peneliti menentukan sampel sebanyak 100. Data yang dihasilkan adalah tanggapan responden yang telah ditetapkan sebagai sampel dari kuesioner yang telah disebar. Dari hasil pengolahan data pengaruh Diferensiasi Produk (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) secara parsial, dapat diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 0,367 + 0,243 X1 + 0,075 X2. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Diferensiasi Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan thitung = 4,665 > ttable = 1,66, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai β sebesar 0 ,475. Inovasi Produk tidak berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan thitung = 0 ,542 < ttabel = 1,66, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,589 < 0,05, dan nilai β sebesar 0,055. Dan secara simultan pengaruh Diferensiasi Produk (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) menghasilkan nilai sebesar Fhitung = 16,603 > Ftabel = 3,09, tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan R-square diperoleh sebesar 0,255 atau 25,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: diferensiasi produk, inovasi produk, kepuasan konsumen
Subjects: General Management > Management of Production
General Management > Management Product Analysis
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:01
Last Modified: 27 Apr 2017 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item