Etika siswa terhadap guru dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari

Basiroh, Nurul (2020) Etika siswa terhadap guru dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAT PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sebuah permasalahan mengenai rendahnya etika siswa yang terjadi di sekolah pada saat proses pembelajaran terutama etika siswa terhadap guru, yang ditandai dengan banyak terjadinya kasus, salah satunya kasus yang sering terjadi ialah ketika siswa ditegur oleh gurunya, siswa tersebut tidak menerima, bahkan di era saat ini ada juga siswa yang melawan ketika ditegur. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika yang harus dimiliki dan diterapkan oleh siswa terutama kepada guru yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari. Mengatasi rendahnya etika siswa kepada guru dapat dilakukan dengan menerapkan pembiasaan etika yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Etika lebih diutamakan daripada ilmu yang lain, karena dengan etika yang baik maka ilmu yang lain akan lebih mudah untuh dipahami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi. Adapun analisis yang dilakukan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan model Milles dan Huberman dengan memiliki tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika merupakan baik buruknya tingkah laku. Etika siswa kepada guru merupakan perbuatan baik buruk yang dilakukan siswa kepada guru dalam proses pembelajaran. Ada beberapa etika yang harus dimiliki oleh siswa terutama etika kepada guru yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, yakni hendaknya seorang siswa meminta petunjuk kepada siapa harus berguru, bersungguh-sungguh dalam mencari guru, patuh kepada guru, menghormati guru, mengetahui hak-hak guru seta memuliakannya, bersabar ketika guru berbuat salah, meminta ijin jika akan menemuinya, duduk yang sopan dihadapan guru, berkata yang baik kepada guru, mendengarkan penjelasan guru walaupun telah mengetahui atau materi yang disampaikan tersebut, tidak mendahului pembicaraan guru, menerima sesuatu guru dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Siswa kepada Guru; Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim; KH. M. Hasyim Asy’ari
Subjects: Education
Education > Ethical Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Basiroh
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:53
Last Modified: 02 Dec 2020 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35428

Actions (login required)

View Item View Item