Pemahaman siswa kelas X IPA terhadap materi Syaja’ah hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian terhadap siswa kelas X IPA MA Al Bidayah tahun Ajaran 2019/2020

Budiman, M. Iqbal Gelar (2020) Pemahaman siswa kelas X IPA terhadap materi Syaja’ah hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian terhadap siswa kelas X IPA MA Al Bidayah tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MA Al Bidayah dipelajari mengenai materi syaja’ah. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran awal mengenai pemahaman dan akhlak siswa di kelas X IPA MA Al Bidayah. Secara umum siswa mengikuti materi tersebut dengan baik, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara variabel X yaitu pemahaman materi syaja’ah dan variabel Y yaitu akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk memperoleh data empirik tentang pemahaman siswa terhadap materi sifat syaja’ah di kelas X IPA MA Al Bidayah. (2) Untuk memperoleh data empirik tentang realitas akhlak siswa kelas X IPA MA Al Bidayah sehari-hari. (3) Untuk mengetahui hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi syaja’ah dengan akhlak dalam perilaku siswa sehari-hari di kelas X IPA MA Al Bidayah. Penelitian ini didasari pada suatu pemikiran bahwa seseorang akan berperilaku atas apa yang ia mengerti dan pahami. Seseorang yang memahami materi syaja’ah tentu akan menerapkan prilaku syaja’ah dalam kehidupan sehari-harinya sebagai bentuk dari pemahamannya. Metode yang digunakan penelitian ini metode korelasi yakni penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubugan antara variable X dan variable Y. Alat pengumpul data: observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan pendekatan logika dan data kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman siswa terhadap materi syaja’a menunjukan kualitas kurang yang dibuktikan dengan nilai akhir 56,42. (2) Realitas akhlak siswa sehari-hari menunjukan kualitas yang baik. Hal ini dibuktikan dengan skor angket 3,68. (3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi syaja’ah dengan akhlak mereka sehari-hari memiliki koefisien korelasi senilai 0,10 dan termasuk pada kategori sangat rendah. Selain itu hasil uji hipotesis menghasilkan ttabel sebesar 33,25 dan thitung sebesar 0,59. Artinya hipotesis ditolak dengan kata lain tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Adapun kadar pengaruhnya yaitu 1% artinya masih ada 99% faktor lain yang dapat mempengaruhi akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemahaman siswa; Materi Syaja’ah; akhlak;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Iqbal Gelar Budiman
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:19
Last Modified: 08 Apr 2021 15:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35425

Actions (login required)

View Item View Item