Penentuan Headline dalam program Jakarta Hari Ini: Studi deskriptif mengenai kebijakan redaksional dalam menentukan Headline pada TVRI DKI Jakarta dan Banten

Zahrotinnisa, Humairoh (2020) Penentuan Headline dalam program Jakarta Hari Ini: Studi deskriptif mengenai kebijakan redaksional dalam menentukan Headline pada TVRI DKI Jakarta dan Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Banung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Headline merupakan berita yang paling banyak dibaca dan menarik perhatian khlayak. Jika peristiwa itu dijadikan headline maka pihak terkait atau khalayak menganggapnya sebagai peristiwa penting. Di sinilah media sangat berperan membentuk opini publik (public opinion). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan lima Teori Hirarki terhadap Pengaruh pada kebijakan redaksional Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta dalam memengaruhi isi berita headline, pengaruh dari individual media dalam memengaruhi isi berita headline, pengaruh dari rutinitas dalam memengaruhi isi berita, pengaruh organisasi media dalam memengaruhi isi berita, pengaruh isi berita headline dari luar media, ideologi Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta dalam memengaruhi isi berita hedline. Fokus dalam penelitian pada perspektif teori hirarki pengaruh pada Kebijakan Redaksional Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta Dalam Menentukan Berita yang Dipilih Menjadi Headline. Teori Hierarki yang di kutip dari Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese dalam bukunya yang berjudul Mediating The Message: Theories of Influence on Mass Media Content, agar dapat menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi isi berita di Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta. Dalam teori Hierarki terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi isi media, yakni: pengaruh dari individu media ( individual level ), pengaruh dari rutinitas media (media routines level), pengaruh organisasi media (level organizational), pengaruh dari luar media (Level Extra Media), dan pengaruh ideologi (levelideology). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan atau memberikan gambaran mengenai penerapan Teori Hirarki Pengaruh pada kebijakan redaksional Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta dalam menentukan berita headline. Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor yang lebih berperan dalam memengaruhi isi berita headline yang penulis temukan di TVRI DKI Jakarta dan Banten adalah pertama, faktor Rutinitas Media yang didasarkan oleh kriteria kelayakan berita yang menjadi Headline di TVRI DKI Jakarta, diantaranya menarik, Topick Of The Day, dan bermanfaat bagi masyarakat. Kedua Organisasional, Pemegang kekuasaan tertinggi di Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta adalah Pemilik Media atau owner, tetapi yang memengaruhi isi berita headline adalah sepenuhnya milik Pemimpin Redaksi dan Redaktur Pelaksana. Ketiga, Faktor Ideologi Pemimpin Redaksi dan Redaktur Pelaksana dalam memimpin dan menentukan berita tentunya tidak terlepas dari ideologi Jakarta Hari Ini TVRI DKI Jakarta yang bersikap netral terhadap masyarakat maupun pemerintah serta kebebasan pers yang benar-benar fungsional dan demokratisasi juga kebebasan pers untuk memfasilitasi publik guna memperoleh akses memadai ke forum-forum pembentukan pendapat umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: headline; kebijakan redaksional; tvridkijakarta
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Humairoh Zahrotinnisa
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:00
Last Modified: 02 Dec 2020 01:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35421

Actions (login required)

View Item View Item