Analisis yuridis terhadap Dissenting Opinion dalam putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor : 579/K/AG/2010 tentang penyelesaian sengketa waris

Maulani, Taufiq (2020) Analisis yuridis terhadap Dissenting Opinion dalam putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor : 579/K/AG/2010 tentang penyelesaian sengketa waris. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya postulat bahwa putusan hakim atau putusan pengadilan adalah sesuatu yang sangat diinginkan atau dinanti-nantikan oleh pihak-pihak yang berperkara guna menyelesaikan sengketa diantara mereka dengan sebaik-baiknya. Fokus penelitian tesis ini adalah putusan hakim yang mengan¬dung perbedaan pendapat (dissenting opinion) dalam Putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 579/K/AG/2010 tentang Penye-lesaian Sengketa Waris. Hal tersebut boleh jadi lazim dalam praktik peradilan namun tampaknya belum banyak dikaji secara kompre¬hensif di kalangan penggiat hukum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dasar hukum kebo¬lehan adanya dissenting opinion dalam putusan penga¬dilan di Indonesia, alasan/ argumen hukum adanya dissenting opinion dan pertim¬bangan majelis hakim dalam Putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 579/K/ AG/2010 tentang penyelesaian sengketa waris bagi ahli waris pengganti, dan implikasi hukumnya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode yuridis-normatif. Sumber data primer, sekunder dan tersier diperoleh dari putusan Mahkamah Agung, Kitab-kitab Fikih dan Peraturan Perundang-undangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi, book review, dan wawancara. Sedangkan analisis data meng¬gu¬nakan metode induktif-deduktif. Teori yang digunakan dalam pene-litian ini adalah teori negara hokum, teori anotasi putusan, dan teori kepastian hukum. Penelitian ini menyimpulkan: pertama, dasar hukum kebo¬lehan adanya dissenting opinion dalam putusan pengadilan di Indonesia, yaitu Pasal 182 ayat (5) KUHAP, Pasal 1 ayat (3), Pasal 24, Pasal 28 E ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Selain itu, diatur juga oleh Pasal 10 ayat (1), Pasal 14 ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman; kedua, dasar/pertimbang hukum majelis hakim kasasi yang menolak permohonan kasasi yang oleh para pihak dalam putusan Nomor: 579/K/AG/2010 adalah gugatan tidak dapat diterima karena para pihak pemohonan kasasi bukan para pihak ahli waris yang sebenarnya dan ahli waris pengganti baru ada dalam KHI yang diatur dalam Inpres Nomor 1 Tahun 1991; dan ketiga, implikasi hukum dari adanya dissenting opinion terbukti positif sebagai usaha keras para hakim dalam menyusun dasar dan pertimbangan hukum secara normatif, uraian, dasar, dan pertim¬bangan hukum untuk mengambil sebuah putusan yang adil, termasuk pula putusan kasasi Nomor: 579/K/AG/2010 yang menolak memberikan harta waris kepada ahli waris pengganti sudah benar karena ketentuan itu belaku sebelum lahirnya KHI Tahun 1991.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dissenting Opinion; Putusan Waris; Ahli Waris Pengganti;
Subjects: Law
Law > Conflict of Law
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: taufiq mulyani
Date Deposited: 01 Dec 2020 00:47
Last Modified: 01 Dec 2020 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35374

Actions (login required)

View Item View Item