Penerapan pembelajaran Concrete-Representational Abstract (CRA) berbasis Lectora dalam peningkatan kemampuan berpikir intuitif dan Self Persistence matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII

Fauziah, Indri Nur (2020) Penerapan pembelajaran Concrete-Representational Abstract (CRA) berbasis Lectora dalam peningkatan kemampuan berpikir intuitif dan Self Persistence matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu ditingkatkannya kemampuan berpikir intuitif dan self persistence matematis siswa yang didukung berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Islam Pacet, Kabupaten Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan intuitif dan self persistence yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA) dengan berbantuan software Lectora pada pembelajaran Lingkaran di SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA); (b) peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajarak konvensional; (c) perbedaan peningkatan kemampuan intuitif siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CRA dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (d) berbedaan pencapaian kemampuan berpikir intuitif siswa berdasarkan kategori PAM siswa; (e) peningkatan self persistence siswa setelah mendapatkan pembelajaran Concrete-RepresentationalAbstract (CRA). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instumen tes dan nontes (angket). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat peningkatan yang sedang terhadap kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran ConcreteRepresentational-Abstract (CRA); (b) Terdapat peningkatan yang rendah terhadap kemampuan berpikir intuitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa yang mendapatkan pembelajaran Concrete-Representational-Abstract (CRA) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (d) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir intuitif siswa yang mendapat pembelajaran CRA dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) serta tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa; (e) Tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata skor angket selft persistence sebelum dan setelah mendapat pembelajaran Concrete-Representational-Abtract (CRA) berbasis Lectora.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Intuitif; Concrete-Representational Abstract (CRA); Lectora; Self Persistence
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Indri Nur Fauziah
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:15
Last Modified: 01 Dec 2020 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35371

Actions (login required)

View Item View Item