Peranan Balai Rehabilitasi Sosial dalam meningkatkan keterampilan pengemis dan gelandangan: Penelitian di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pagudi Luhur Kota Bekasi

Lestari, Sinta (2019) Peranan Balai Rehabilitasi Sosial dalam meningkatkan keterampilan pengemis dan gelandangan: Penelitian di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pagudi Luhur Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, persaingan hidup yang keras di perkotaan membuat seseorang yang tidak memiliki keterampilan atau tingkat pendidikan yang tinggi akan kehilangan untuk mendapatkan penghidupan sebagaimana mestinya. Hasilnya akan tetap pada garis kemiskinan salah satu masalah dari kemiskinan adalah banyaknya jumlah pengemis dan gelandangan. Hal-hal yang diatur dalam PP 31/1980 diantaranya soal usaha preventif dan usaha represif yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi pengemis dan gelandangan yaitu dengan pelayanan balai rehabilitasi sosial. karena itu, skripsi ini mengkaji peranan balai rehabilitasi sosial dalam meningkatkan keterampilan pengemis dan gelandangan. Dengan menggunakan teori fungsionalisme struktural, skripsi ini memfokuskan kajiannya pada Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur di Bekasi dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian bagaimana program-program pembinaan keterampilan di Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur bagi pengemis dan gelandangan, bagaimana faktor penghambat bagi Balai Rehabilitasi Sosial dalam meningkatkan keterampilan bagi para pengemis dan gelandangan, dan bagaimana hasil dari pemberian keterampilan Balai Rehabilitasi Sosial Pngudi Luhur kepada para pengemis dan gelandangan, dan bagaimana hasil dari pemberian Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur kepada para pengemis dan gelandangan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat kualitatif-deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur berperan dalam meningkatkan keterampilan pengemis dan gelandangan sedikitnya berhasil merubah kondisi pengemis dan gelandangan dengan menggunakan program bimbingan keterampilan. Namun, keberhasilan tersebut belum sepenuhnya diraih karena masih banyak pengemis dan gelandangan balik lagi kejalan menjadi pengemis dan gelandangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan; Balai Rehabilitasi; Keterampilan Pengemis; Gelandangan.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services > Health Centers
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sinta Lestari
Date Deposited: 30 Nov 2020 08:43
Last Modified: 30 Nov 2020 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35367

Actions (login required)

View Item View Item