Penerapan model pembelajaran debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung

Nisa, Uditia Hoerotun (2019) Penerapan model pembelajaran debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan berbicara, dengan kata lain berbicara merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran berbicara adalah agar siswa dapat menggunakan bahasa secara lisan dengan baik dan benar. Namum pada kenyataannya keterampilan berbicara pada kegiatan belajar masih kurang maksimal, serta masih kurang mendapat perhatian. Hal ini disebabkan juga karena keterampilan berbicara tidak menggunakan model yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterampilan berbicara siswa sebelum diterapkan model pembelajaran debat pada pembelajaran tematik kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung, 2) proses penerapan model pembelajaran debat pada pembelajaran tematik kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung, 3)kemampuan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan model pembelajaran debat kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. Penerapan model pembelajaran debat diduga dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MI Naelushibyan Kabupaten Bandung yang berfokus pada siswa kelas V. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut 1) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung sebelum diterapkan model debat termasuk pada kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata sebesar 35,2) proses pembelajaran model pembelajaran debat pada siswa kelas V MI Naelushibyan Kabupaten Bandung termasuk pada kategori cukup untuk aktivitas guru dengan persentase 64% dan aktivitas siswa dengan persentase 58% pada siklus I tindakan I, sedangkan aktivitas guru dan siswa termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 73% aktivitas guru dan 65% pada siklus I tindakan II. Pada siklus II tindakan I kegiatan guru dan siswa termasuk kategori sangat baik dengan persentase 86% untuk aktivitas guru dan 87,5% untuk aktivitas siswa. Sedangkan pada siklus II tindakan II kegiatan guru dan siswa termasuk kategori sangat baik dengan perolehan persentase 96% untuk kegiatan guru dan 95% untuk aktivitas siswa, 3) keterampilan berbicara setelah menggunakan model debat termasuk pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 54,5 pada siklus I tindakan I, pada siklus I tindakan II siswa memperoleh nilai rata-rata 63. Sedangkan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68 pada tindakan I dan 87% pada tindakan II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara;model debat
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uditia Hoerotun Nisa
Date Deposited: 30 Nov 2020 01:05
Last Modified: 30 Nov 2020 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35308

Actions (login required)

View Item View Item